Kembali Longsor, PPK 2.1 Jabar Sigap Tangani Jalan Nasional di Parungkuda


BARAK, (Jabar)- Bahu jalan disekitaran SPBU Parungkuda, Kabupaten Sukabumi kembali mengalami longsor setelah pada 11 Juni 2024 lalu juga terjadi hal yang sama.

Longsoran terjadi akibat hujan lebat yang mengguyur wilayah sekitar pada Kamis (01/08/2024) kemarin.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, tim dari PPK 2.1 pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Jabar langsung gerak cepat turun ke lapangan lengkap dengan peralatan dan material pendukung.

Desakan air hujan yang cukup deras, kata Pengawas Lapangan PPK 2.1 PJN II Jabar Agus Warso, membuat sandbag yang dipasang saat terjadi longsoran beberapa waktu lalu kembali mengalami penurunan.

"Yang terjadi sekarang bukanlah longsoran baru. Setelah pasangan batu selesai, nantinya sandbag yang mengalami penurunan akan diganti dengan timbunan agregat untuk di rigid pada bagian bahu," ungkapnya.


Saat ini, jelasnya dilansir sukabumiupdate, Jum'at (02/08/2024), pihaknya tengah fokus menyelesaikan pasangan batu sebagai penahan pada bagian pondasi, dengan target penyelesaian pekerjaan hingga Agustus ini.

Sebelumnya, longsor pertama kali terjadi akibat limpahan air dari seberang jalan pada saat hujan deras dalam waktu yang cukup lama.

Selain karena kuatnya desakan air, tumpukan sampah disekitar lokasi longsoran juga kemungkinan menyebabkan tanah sekitar mengalami kelembabban pada bagian bawah, sehingga membuat tanahnya labil.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Divisi Investigasi dan Pelaporan Barak, M Deddy H mengungkapkan, kondisi bahu jalan yang mengalami longsoran itu perlu ditata ulang, agar kejadian yang sama tidak kembali terulang dikemudian hari.

"Bukan hanya bahu jalan yang perlu ditata kembali, tapi pipa-pipa yang tertanam juga perlu, agar tidak sampai mengganggu dan mengurangi daya dukung konstruksi jalan," harapnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong