Geliat Pembangunan di Sukadalem


BARAK, (Banten)- Nampaknya program pembangunan dari desa yang digerakkan pemerintah sejak masa Jokowi-JK hingga menjelang berakhirnya pemerintahan Jokowi-Maruf Amin, telah menunjukkan hasil yang memuaskan, terutama infrastruktur dasar seperti jalan/jembatan serta sektor pertanian dan perkebunan.

Salah satu desa yang berhasil mengaplikasikan dengan baik program pemerintah tersebut, baik pusat maupun daerah, adalah Desa Sukadalem di Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Desa yang dipimpin oleh Kapala Desa (Kades) Suryani ini, dalam beberapa tahun terakhir berhasil menerapkan sejumlah program yang mengarah pada peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

"Pada tahap awal, Dana Desa kami arahkan untuk pembangunan infrastruktur jalan berupa rigid pavement di 28 RT/RT se-Desa Sukadalem."

Demikian diungkapkan Kades Suryani saat bincang ringan dengan infobarak ditengah kesibukannya mengawasi persiapan upacara 17-an HUT RI ke-79, yang direncanakan akan langsung dihadiri oleh Bupati Serang, Hj. Ratu Tatu Chasanah berpusat dilapangan representatif Begog, tepat didepan Kantor Desa Sukadalem.


Kades dua periode itu juga menjelaskan, setelah program rigid pavement jalan desa selesai, selanjutnya pihaknya akan fokus pada program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat di desanya.

"Sekarang masih ada program pemasangan paving blok jalan gang. Selanjutnya kami akan fokus pada peningkatan kualitas SDM masyarakat untuk menghadapi tantangan jaman di masa depan," ujarnya.

Peningkatan SDM yang dimaksud, tambahnya, yakni berupa optimalisasi pengguliran BUMDES, UMKM dan Ketapang yang terkait dengan program pertanian.

"Tujuan utamanya, adalah terus meningkatnya kesejahteraan masyarakat desa seiring pembangunan yang terus digalakkan. kami berharap semua program yang digulirkan selalu mendapat dukungan penuh dari masyarakat, untuk kepentingan masyarakat sendiri," tandasnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong