Sigapnya PJN I Jabar Respon Laporan Masyarakat


BARAK, (Jabar)- Semakin hari, kesigapan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI-Jabar dalam merespon laporan kerusakan jalan nasional kian teruji.

Hal itu setidaknya tergambar dari gerak cepat PPK 1.1 pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Jawa Barat (Jabar), Kamis (18/07/2024) kemarin.

Ya, Kamis kemarin PPK 1.1 pada Satker PJN Wilayah I Jabar mendapat aduan dari masyarakat lewat command center terkait kondisi jalan nasional yang mengalami kerusakan berupa bergelombang yang berpotensi membahayakan pengguna jalan, tepatnya di Jl. Jend. Sudirman, Kecamatan Cikampek, Karawang.


"Merespon laporan tersebut, dapat kami sampaikan, bahwa ruas itu merupakan kewenangan PPK 1.1 pada Satker PJN Wilayah I Jabar (kami- red), dan kami telah melakukan survey ke lapangan langsung pada Kamis (18/07/2024). Namun sesampainya dilapangan, kami tidak ditemukan adanya jalan bergelombang yang dapat membahayakan pengguna jalan seperti yang dilaporkan lewat command center," ujar PPK 1.1 pada Satker PJN Wilayah I Jabar, Agung Satrio dalam keterangan resminya yang diperoleh infobarak, Jum'at (19/07/2024).

Ia melanjutkan, kemungkinan lokasi yang dimaksudkan dalam laporan adalah ruas jalan Jend. A Yani yang saat ini sedang dilaksanakan Peningkatan Jalan Rehabilitasi Mayor Jalan sepanjang 1.140 meter pada jalur kiri dan kanan, mulai dari Km Jkt 90+750 hingga Km Jkt 91+890.

"Pekerjaan itu masuk dalam paket Preservasi Jalan Karawang-Cikampek-Pamanukan (MYC TA 2022-2024) menggunakan dana yang bersumber dari SBSN, dikerjakan oleh PT Seneca Indonesia," ungkapnya.


Lalu, per 18 Juli 2025, lanjutnya, sudah dilakukan percepatan penanganan dilokasi tersebut dengan menutup galian CMM menggunakan campuran aspal AC-BC untuk selanjutnya dilapisi dengan aspal campuran AC-WC.

"Kami selalu responsif menanggapi setiap laporan yang masuk, hanya saja kami mohon lokasinya yang tepat," ucapnya.

Ia menegaskan, pihaknya berkomitmen menyediakan layanan infrastruktur jalan dan jembatan yang layak, aman dan nyaman bagi setiap masyarakat yang melintas.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong