Jembatan Ambles, BBPJN Kaltim Langsung Turun Lapangan


BARAK, (Kaltim)- Semakin hari, peningkatan kinerja penyelenggaraan jalan dan jembatan oleh jajaran Direktorat Jenderal Bina Marga (DJBM) kementerian PUPR semakin terlihat nyata.

Hal itu setidaknya tergambar dari kegesitan jajaran Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur (Kaltim) dalam merespon setiap kondisi darurat yang terjadi dilapangan.

Sejak hari pertama kejadian, Rabu (26/06/2024), PPK ruas jalan nasional Maluang-Tanjung Batu yang terdapat jembatan terindikasi ambles sepanjang 7,5 meter disekitaran Kp Tanjung Batu, Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau, lengkap bersama tim-nya langsung turun untuk memastikan penyebab kerusakan dan langkah penanganan yang tepat, agar arus lalu lintas tidak sampai terganggu.

"Langkah awal yang kami lakukan, yakni memasang rambu-rambu peringatan, karena untuk sementara jembatan hanya bisa dilalui oleh kendaraan berbobot dibawah 6 ton," ujar Kuntiadi.

Sementara untuk kendaraan dengan bobot 6 ton ke atas, sementara dapat melewati jalan alternatif milik perusahaan.

"Kami menyiagakan tim untuk piket rutin, sampai bisa dipastikan langkah penanganan yang tepat," ungkapnya.

Kerusakan, jelasnya, terjadi akibat debit air yang mengalami peningkatan signifigkan dari biasanya.

"Kami lakukan pengecekan keseluruhan untuk mengetahui jenis kerusakannya, apakah amconya juga rusak atau hanya sebatas pada timbunannya saja," jelasnya.

Camat Pulau Derawan, Samsudin berharap, kerusakan jembatan di wilayahnya bisa diatasi dengan cepat.

"Sejak awal kejadian, banyak warga yang memutar balik, dan beralih menggunakan speedboat untuk menuju kecamatan lainnya. Semoga lekas tertangani dengan baik dan cepat, agar jembatan bisa kembali berfungsi dengan normal," harapnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong