Jalur Lembah Anai Dibuka, Arus Barang, Jasa & Orang Kembali Lancar


BARAK, (Sumbar)- Setelah pada 12 Mei 2024 lalu hancur akibat diterjang banjir bandang lahar dingin, kini jalur Lembah Anai ruas Padang Panjang-Sicincin kembali dibuka untuk berbagai jenis kendaraan.

Sejak dibuka pada Minggu (21/07/2024) pukul 07:00 WIB intensitas kendaraan yang melintas cukup tinggi, bahkan sempat terjadi antrian pada gerbang Batas Kota Padang Panjang-Padang Pariaman, tepatnya di Km 20 yang masih berlangsung pekerjaan perbaikan, hingga akhirnya diterapkan sistem buka tutup jalan dibeberapa titik, diantaranya di Km 20 dan Km 66.

Kapolres Padang Panjang menghimbau para pengendara untuk tetap berhati-hati saat melintas, mengingat pekerjaan perbaikan masih berlangsung dibeberapa titik.

Ia menjelaskan, seminggu setelah jalur Lembah Anai itu dibuka, pihaknya akan melakukan evaluasi khusus untuk kendaraan sumbu tiga keatas.


Seperti diketahui, Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I dibawah Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumatera Barat (Sumbar) memberikan amanah kepada PT Hutama Karya Infrastruktur (PT HKI), anak usaha dari PT Hutama Karya (Persero) untuk membuka kembali jalur Lembah Anai yang terputus akibat diterjang banjir bandang lahar dingin dan longsor pada 12 Mei 2024 lalu.

Penanganan darurat itu dilakukan sepanjang 5 Km lebih yang dimulai dari Km 62+700 hingga Km 67+800 ruas Padang Panjang-Sicincin.

Eka Satriades, Project Manager (PT HKI) untuk penanganan tanggap darurat Lembah Anai mengungkapkan, pihaknya diberi tenggat waktu hingga dua bulan pasca kejadian untuk membuka jalur yang terputus total tersebut.

"Pemerintah melalui DJBM Kementerian PUPR memberi kami waktu 70 hari kerja untuk penanganan permanen kerusakan yang ada, termasuk open traffic secara paralel pada jalur Lembah Anai. Dengan demikian, diharapkan dapat memgembalikan konektivitas dan pergerakan arus barang, jasa dan orang dari Kota Padang dengan wilayah-wilayah lainnya. Kami berupaya maksimal untuk mewujudkan itu semua," ungkapnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong