Bupati Tapsel Apresiasi Kinerja DJBM Kementerian PUPR


BARAK, (Sumut)- Perdjoangan jajaran Direktoran Jenderal Bina Marga (DJBM) Kementerian PUPR dalam menangani kondisi ekstrim ruas jalan di Batu Jomba Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) semakin menunjukkan hasil yang nyata.

Rabu (24/07/2024) kemarin, DJBM Kementerian PUPR mengutus Direktur Preservasi Jalan dan Jembatan Wilayah I, I Nyoman Suaryana dan Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Sumut, Teuku Rahmatsyah Putra, dan PPK 2.2 pada Satker PJN Wilayah II Sumut ruas Tarutung-Padangsidempuan, Manaek Manalu dan rombongan untuk memantau langsung kondisi terkini jalan di Batu Jomba.

Jajaran DJBM itu prihatin melihat kondisi yang ada, terlebih saat menyaksikan sebuah kendaraan colt diesel penuh muatan terguling akibat tak kuat melewati tanjakan ekstrim Batu Jomba.

"Kita coba cutting sekitar 50 meter agar jalan sedikit landai, namun tanjakan masih juga ekstrim," ujar Nyoman.

Ia menjelaskan, pihaknya akan terus memperhatikan kondisi jalan Batu Jomba dari waktu ke waktu dengan melakukan pemeliharaan secara rutin.

"Kita sudah buat rencana relokasi jalan ini sekitar 34 Km melewati Silangge Sipirok-Simalungun Taput. Tapi masih terkendala soal anggaran, mengingat besaran anggaran yang dibutuhkan yang mencapai Rp 2,7 triliun, belum termasuk untuk pembebasan lahan," ungkapnya.

Karenanya, Satker dan PPK akan terus melakukan pemeliharaan rutin untuk meminimalisir kecelakaan dan kemacetan.

Terpisah, Bupati Tapsel, Dolly Pasaribu, mengapresiasi kehadiran langsung dari rombongan DJBM Kementerian PUPR dilokasi jalan yang rusak tersebut.

"Ruas Batu Jomba merupakan jalan arteri primer yang menjadi jalur utama Lintas Tengah Sumatera. Ini perlu kesepakatan bersama untuk memikirkan kedepannya. Karena jalan yang ada sekarang berada persis diatas sesar semangko yang aktif bergerak. Hal itulah yang menyebabkan jalan mengalami kerusakan terus- menerus sepanjang tahaun," urai Dolly.

Ia pun berharap, agar DJBM Kementerian PUPR terus mengalokasikan anggaran untuk memelihara jalan di Batu Jomba, agar angka kecelakaan dan kemacetan bisa diminimalisir sebaik mungkin.

"Terima kasih banyak kepada Kementerian PUPR," pungkasnya.

Sementara Kepala Satker PJN Wilayah II Sumut, Teuku Rahmatsyah Putra menegaskan, pihaknya akan selalu dan terus berupaya maksimal menangani kerusakan yang ada.

"Kami selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk penanganan kerusakan di Batu Jomba. Untuk sementara yang bisa kami lakukan untuk meminimalisir terjadinya antrian kendaraan dan kecelakaan, yakni terus melakukan pemeliharaan rutin sepanjang tahun," ucapnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong