Bahu Jalan Nasional di Sukabumi Tergerus Longsor


BARAK, (Jabar)- Sekitar 10 meter bahu jalan nasional di Sukabumi, tepatnya diseberang SPBU Parungkuda, Kp Leuwi Orok, Desa Sundawenang, Kec Parungkuda, Sukabumi, mengalami longsor pada Selasa (11/06/2024) kemarin.

Meakipun tidak sampai mengganggu arus lalu lintas, namun warga mengkhawatirkan terjadinya longsoran susulan hingga memakan badan jalan.

Pengawas lapangan PPK 2.1 pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Jawa Barat (Jabar), Agus Warso mengungkapkan, pihaknya mendapat informasi adanya bahu jalan yang longsor dari laporan masyarakat.

"Informasi yang kami peroleh dari warga sekitar, hujan deras mengguyur wilayah setempat dalam beberapa hari terakhir," ujarnya.

Ia menjelaskan, lantaran pada sisi jalan sebelahnya tidak sanggup lagi menampung debit air, akhirnya air melimpah ke sisi seberangnya hingga menyebabkan longsor sekitar 10 meter dengan kedalaman 4 meter. Sementara bahu jalan yang termakan longsor sekitar 3 meter.

"Selain karena curah hujan tinggi, tumpukan sampah dilokasi tersebut juga kemungkinan menyebabkan lembab dibawah permukaan jalan, sehingga bahu jalan jadi tergerus longsor," ucapnya dilansir sukabumiupdate.

Menurutnya kejadian itu tiba-tiba, karena tidak ada tanda-tanda sebelumnya.

"Tak ada tanda-tanda akan terjadinya longsor, karena setiap bulan kita rutin membersihkan saluran air disebelahnya," ungkapnya.

Untuk mengatasi persoalan tersebut, lanjutnya, pihaknya melakukan penanganan sementara menggunakan sandbag untuk menahan sisi tebing, termasuk memasang cerucuk dari bambu, kemudian ditutup menggunakan terpal.

"Sementara untuk penanganan permanen, saat ini belum ditentukan, apakah akan menggunakan TPT atau bronjong. Kami masih menunggu keputusan dari tim perencana," tandasnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong