Jelang Presiden Berkunjung, Jalan Nasional di Sulbar Tetiba Diperbaiki


BARAK, (Sulbar)- Lagi dan lagi warga melontarkan kritikan atas penyelenggaraan jalan nasional oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sulawesi Barat (Sulbar) dan jajaran.

Kali terkait perbaikan jalan Yos Sudarso di Kelurahan Binanga, Kabupaten Mamuju.

Jalan yang rencananya akan dilintasi oleh iring-iringan kendaraan Presiden Jokowi dan rombongan pada hari ini (Senin 22 April 2024) dalam rangka kunjungannya ke kantor Gubernur dan SMK Rangas, tetiba langsung diperbaiki agar terlihat mulus.

Terkait hal itu, Dedi (22) salah seorang warga melontarkan kritik pada BPJN Sulbar dan jajaran Satker/PPK terkait.

"Saya kaget tiba-tiba ada perbaikan jalan, ternyata Presiden mau datang," ucapnya.

Ia menyayangkan kenapa jalan itu baru diperbaiki jelang Presiden datang, tidak sebelum-sebelumnya.

Diketahui, kondisi jalan Yos Sudarso yang bergelombang dan berlubang sudah dikeluhkan warga sejak beberapa waktu belakangan ini. Warga pun ramai membicarakan perbaikan yang baru dilakukan jelang kunjungan Presiden berlangsung.


Menanggapi hal itu, PPK 1.1 pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Sulbar, Muhammad Idris Djafar mengungkapkan, jika jalan RE Martadinata, Jl H Abd Malik Pattana Endeng, Arteri MARR, Jl Martadinata (akses pelabuhan) dan Jl Yos Sudarso akan selalu ditangani dengan penanganan rutin.

"Penanganan rutin seperti penutupan lubang, pemotongan rumput dan pembersihan saluran akan selalu dilakukan agar jalan tetap fungsional," ujarnya dilansir tribunnews, Sabtu (20/04/2024).

Kedepan (TA 2025), katanya, penanganan akan dilaksanakan menggunakan dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Untuk tahun ini, penanganan dimaksimalkan dari arah Jl Yos Sudarso ke arah kantor Gubernur, dan menuju Bandara Tampa Padang yang akan dilintasi rombongan Presiden.

Kabalai Tak Beri Tanggapan


Sebelumnya, jelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1445 H (2024) kemarin, masyarakat juga mengeluhkan kerusakan yang terjadi pada ruas jalan nasional di Rangas, Kab Majene.

Kerusakan jalan tersebut sudah lama terjadi, bahkan pada musim mudim tahun 2023 lalu juga kondisinya sempat berlumpur akibat tergenang air.

Kapala BPJN Sulbar yang dihubungi infobarak via pesan WhatsApp sejak Sabtu (06/04/2024) lalu, hingga saat ini belum juga memberikan tanggapan.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong