Ruas Tangerang-Serang Terus Dipoles Untuk Persiapan Jalur Mudik


BARAK, (Banten)- Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Banten dan jajaran terus memoles infrastruktur jalan dan jembatan yang menjadi kewenangannya jelang arus mudik lebaran 1445 H (2024).

Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Banten misalnya. Satker ini memiliki ruas yang sangat vital sebagai penghubung pulau Jawa dan Sumatera, yakni ruas jalan nasional Tangerang-Serang-Merak (TSM).

Karenanya, Satker PJN Wilayah I Banten harus berjuang keras untuk mewujudkan layanan infrastruktur jalan dan jembatan yang layak, aman dan nyaman bagi masyarakat pengendara selama musim mudik berlangsung.

Selain harus berkejaran dengan cuaca tidak menentu yang kerap menimbulkan kerusakan-kerusakan baru, Satker PJN Wilayah I Banten juga harus berjibaku dengan tingginya intensitas kendaraan Over Dimension Over Load (Odol), yang hingga saat ini masih bebas melintas disepanjang ruas utama bagi kawasan industri dan pergudangan ini.

Seperti diketahui, disepanjang ruas TSM, berdiri pabrik-pabrik raksasa dan kawasan pergudangan yang bahan baku dan hasil produksinya diangkut menggunakan kendaraan-kendaraan kontainer, tronton, dan berbagai jenis kendaraan jumbo lainnya.

Kepala Satker PJN Wilayah I Banten, Herry mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya terus berupaya keras menutup lubang-lubang yang bermunculan.

"Kerusakan yang ditangani sekarang merupakan lubang-lubang baru yang bermunculan seiring hujan dan tingginya intensitas kendaraan yang melintas," ujarnya, Jum'at (29/03/2024).

Penanganan yang pihaknya lakukan, lanjutnya, kebanyakan berupa patching dan overlay untuk mengembalikan kondisi jalan.

"Perbaikan yang masih terus kami lakukan hingga saat ini, tidak terlepas dari rangkaian kegiatan untuk mempersiapkan jalur mudik yang layak, aman dan nyaman saat libur Idul Fitri 1445 H (2024) nanti," ucapnya.

Selain memantapkan kondisi jalan dan jembatan, nantinya setiap PPK dibawah Satker PJN Wilayah I Banten akan membangun posko pemantauan dibeberapa titik. Setiap posko akan ditempatkan petugas reaksi cepat yang akan memantau perkembangan ruas selama musim mudik berlangsung.

"Jelang tenggat waktu yang ditetapkan pemerintah, kami pastikan seluruh ruas siap bagi pemudik," tandasnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong