Presiden Resmikan 11 Paket IJD BBPJN Kaltim


BARAK, (Kaltim)- Setelah sebelumnya meresmikan paket proyek Inpres Jalan Daerah (IJD) di Bolaang Mongondow, kini Presiden Jokowi kembali meresmikan 11 (sebelas) paket IJD yang dikerjakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur (Kaltim).

Acara yang dihelat di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tersebut, dilaksanakan pada Jum'at (01/03/2024) kemarin.

Peresmian ini sekaligus menadakan, bahwa pelaksanaan 11 paket IJD di BBPJN Kaltim telah rampung seluruhnya.

"Dengan mengucapkan Bissmillahirrahmanirrahim, saya meresmikan pelaksanaan proyek IJD di Provinsi Kaltim," ucap Presiden saat menyampaikan sambutannya.

Adapun ke-11 paket proyek IJD yang telah diselesaikan oleh BBPJN Kaltim itu, terdiri dari 10 paket ruas jalan dan 1 paket jembatan.

Seperti diketahui, TA 2023 lalu BBPJN Kaltim mendapat tugas mengerjakan 10 paket pembangunan jalan daerah lewat paket IJD yang terdiri atas ruas Riko-Maridan di Kab PPU sepanjang 6,5 Km senilai Rp 44,7 miliar, Akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja di PPU sepanjang 9,6 Km senilai Rp 91,3 miliar, Loleng di Kukar sepanjang 2,5 Km senilai Rp 26,1 miliar, SP Batu-Labuhan di Paser 5,8 Km senilai Rp 50,2 miliar, dan SP Poros Tanjung Isuy-Tanjung Jan-Pulau Lanting di Kutai Barat sepanjang 4,8 Km senilai Rp 45,4 miliar.

Selain itu, BBPJN Kaltim juga menyelesaikan paket IJD ruas Proklamasi di Kota Balikpapan 2,5 Km senilai Rp 43,4 miliar, Akses Pelabuhan Kenyamukan di Kutai Timur sepanjang 0,65 Km senilai Rp 89,4 miliar, ruas Ir Soekarno Hatta-M.Roem-Urip Soemardjo di Kota Bontang sepanjang 4 Km senilai Rp 54,1 miliar, Lenggo-Teluk Sulaiman di Barau 8 Km senilai Rp 59,1 Km, dan ruas jalan Long Hubung-Jalan Poros di Mahakam Ulu 6,5 Km senilai Rp 49,1 miliar.

Sementara satu jembatan yang masuk dalam paket IJD juga, yakni jembatan pada ruas Akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja sepanjang 20 meter dengan nilai kontrak sebesar Rp 8 miliar.


"Pembangunan infrastruktur ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat Kaltim," ujarnya.

Dalam peresmian itu, Presiden didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono.

Selain Kepala BBPJN Kaltim dan jajaran, nampak hadir pula sejumlah pejabat negara lainnya, seperti Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Pj Bupati PPU Makmur Marbun, serta Kurator Pembangunan IKN Ridwan Kamil.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong