PJN I Jabar Langsung Tangani Kerusakan Ruas Pantura di Karawang


BARAK, (Jabar)- Kerusakan yang terjadi pada ruas jalan nasional disekitaran Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, rupanya menjadi perhatian serius bagi PPK Batas Kota Karawang-Batas Kota Cikampek pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I Jawa Barat (Jabar).

Dalam keterangan pers yang diterima infobarak, Kamis (14/03/2024), tim PPK langsung turun lapangan untuk memantau proses perbaikan hingga selesai dilaksanakan.

PPK Batas Kota Karawang-Batas Kota Cikampek, Agung Satrio mengungkapkan, untuk tahap awal, kerusakan yang terjadi tepatnya di Km 88+200 L (arah Cirebon) tersebut sudah ditangani menggunakan metode patching.

"Sebelumnya penanganan berupa patching juga sudah dilakukan. Tapi karena curah hujan yang tinggi, ditambah intensitas kendaraan tonase berat, membuat aspal tidak bertahan lama," jelasnya.


Sementara untuk penanganan permanen, lanjutnya, nantinya akan dilakukan pengupasan lapisan permukaan aspal yang rusak menggunakan CMM, untuk kemudian dilapisi kembali menggunakan aspal AC-WC Mod.

"Kedepan kami akan berupaya maksimal menyediakan layanan infrastruktur yang aman dan nyaman, baik bagi lalu lintas orang maupun barang dan jasa," tegasnya.

Dijelaskan juga, pada lokasi kerusakan yang dikritik warga, sempat beberapa kali diguyur hujan deras pasca pekerjaan dilaksanakan. Air hujan dengan curah tinggi itupun menggenangi badan jalan, sehingga menyebabkan lapisan konstruksi jalan beraspal rusak. Hal itu semakin diperparah dengan gilasan roda kendaraan tonase berat bahkan berlebih.

Seperti diketahui, ruas jalan nasional Karawang-Cikempek-Pamanukan yang lebih dikenal dengan sebutan jalur Pantai Utara (Pantura), tak pernah sepi dari lalu-lalang kendaraan bermotor, mulai dari roda dua hingga truk berukuran besar. Posisi jalan yang melintasi sejumlah kawasan strategis, membuat jalur ini selalu menjadi favorit, baik bagi lalu lintas orang maupun barang/jasa. Seperti halnya setiap musim mudik, jalur ini selalu menjadi pilihan utama bagi para pemudik.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong