Dikit Lagi Flyover Sekip Ujung Bakal Tampil Megah

Progres Fisik Sudah 95 Persen


BARAK, (Sumsel)- Tak lama lagi, Flyover Sekip Ujung yang dibangun oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Selatan (Sumsel) di Kota Palembang akan tampil dengan wajah yang penuh kemegahan.

Pasalnya, minggu pertama Maret 2024 saja progres fisiknya sudah mencapai 95 persen.

Kepala BBPJN Sumsel, Hardy Siahaan mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah fokus mengerjakan bagian oprit jembatan.

"Pengerjaan oprit ini agak khusus, karena menggunakan konstruksi timbunan ringan mortar busa," ujarnya dilansir antara news, saat menerima Kunker Komisi V DPR Ri, Senin (04/03/2024) kemarin.

Penggunaan timbunan ringan mortar busa, lanjutnya, untuk mengatasi kondisi tanah yang lunak pada bagian bawah jembatan, termasuk tinggi timbunan bagian atas.

Selain itu, jelasnya, pihaknya juga akan mengerjakan penataan bagian bawah dengan membangun taman, sekaligus menata teotoar dijalan frontage.

"Pembangunan jalan layang sepanjang 660 meter dengan jembatan sepanjang 190 meter dengan oprit sepanjang 470 meter sudah 95 persen. Nantinya lebar jalannya menjadi 18,4 meter dengan masing-masing empat lajur dari dua arah," ungkapnya.


Diketahui, pembangunan Flyover Sekip Ujung ditargetkan rampung pada 29 April 2024 nanti.

Meski sempat terkendala akibat persoalan pembebasan lahan, namun pembangunan Flyover untuk mengurai kemacetan pada persimpangan Jl Amfibi dan Angkatan 66 itu tetap berjalan dengan pasti, hingga kini progres fisiknya sudah mencapai 95 persen.

"Jalan layang ini, kelak akan mengurai kemacetan parah pada persimpangan Jl Amfibi dan Angkatan 66. Tidak hanya memperlancar arus transportasi saja, namun diharapkan dapat menjadi salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi daerah," harapnya.

Sementara Anggota Komisi V DPR RI, Eddy Santana Putra berharap, pembangunan Flyover Sekip Ujung dapat segera dituntaskan, agar dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak.

"Kami berharap pembangunan ini segera tuntas, agar nilai manfaatnya segera dirasakan masyarakat," ucapnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong