Atas Genangan Air, BPJN Kalbar Bangun Flyove di Kapuas Hulu

PPK Usul Perpanjangan Kontrak Hingga Desember 2024


BARAK, (Kalbar)- Sejak lama, jalan nasional yang menghubungkan Kalis dengan Putussibau di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (Kalbar) selalu tergenang banjir. Hal itu selalu menggangu aktivitas maayarakat pengguna jalan, bahkan hingga angkutan barang/jasa.

Untuk mengatasi persoalan menahun tersebut, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalbar melalui PPK 3.2 pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah III, kini kembali melanjutkan pembangunan jalan layang (flyover).

PPK 3.2 pada Satker PJN Wilayah III Kalbar, Daniel Dixon Octora mengungkapkan, pembangunan jalan layang ini merupakan lanjutan (tahap 2), setelah tahap pertamanya bisa digunakan oleh maayarakat.

"Pile Slab yang dipasang sekarang untuk jalan layang guna mengatasi masalah banjir yang setiap tahun terjadi. Sebab selama ini, banjir yang merendam badan jalan telah menghambat aktivitas masyarakat, bahkan angkutan barang dan jasa, termasuk kendaraan pengangkut bahan pokok," ujarnya.

Pemasangan pile slab tahap dua ini, katanya seperti dilansir antaranews awal pekan ini, mulai dikerjakan sejak 17 Juli 2023 lalu.

"Sekarang sedang dalam tahap pembangunan pondasi tiang dan alas. Progres fisiknya sudah 47,8 persen dari target pembangunan sepanjang 1 Km," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, semula pekerjaan ditargetkan rampung pada Juni 2024. Namun karena adanya penurunan produktifitas kerja lantaran proses pembebasan lahan, yang saat ini pun masih dalam tahap penilaian, maka pihaknya mengusulkan untuk perpanjangan kontrak hingga Desember 2024 nanti.

"Usulan perpanjangan masa kerja sudah dalam pembahasan," ucapnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong