Sepanjang 2023, BBPJN Sumut Rampungkan 30 Ruas Jalan Daerah


BARAK, (Sumut)- Komitmen Direktorat Jenderal Bina Marga (DJBM) Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara (Sumut) dalam mempercepat konektivitas antara wilayah di Provinsi Sumut semakin hari kian terlihat nyata.

Hal itu terlihat dari gerak serentak para PPK/Satker dalam menangani 30 ruas sepanjang TA 2023 lalu.

Penanganan 30 ruas jalan daerah yang tersebar di 19 Kabupaten/Kota se-Sumut itu setidaknya menghabiskan dana hingga sekitar Rp 1,2 triliun.

Semua pekerjaan program IJD tersebut, terbagi dalam empat koridor yang terdiri atas Lintas Timur, Lintas Tengah, Lintas Barat, dan kawasan Nias.

Selain telah merampungkan paket-paket IJD, BBPJN Sumut dan jajaran juga telah menyelesaikan pembangunan jalan dikawasan Liang Melas Datas, Karo yang dahulu sempat viral lantaran masyarakatnya membawa satu truk jeruk ke Jakarta sebagai bentuk protes kepada pemerintah.

Staf Ahli Menteri PUPR, Endra S Atmawidjaja layaknya dilansir antaranews, Kamis (15/02/2024) kemarin mengungkapkan, penanganan permanen jalan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat petani jeruk, kemiri, jagung, dan cabai itu menghabiskan anggaran sekitar Rp 163,74 miliar menggunakan tiga jenis perkerasan, yakni perkerasan lentur dengan bahu aspal, perkerasan lentur dengan bahu agregat kelas S, dan rigid pavement dengan bahu beton.

Jalan yang dahulu hanya bisa dilintasi kendaraan of-road tersebut, telah dibangun selebar 5,5 meter dengan saluran samping satu meter menggunakan pasangan batu mortar.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong