PJN III Kalteng Langsung Tangani Kerusakan Akibat Banjir di Lembeng


BARAK, (Kalteng)- PPK 3.4 pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah III Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), langsung menangani kerusakan yang terjadi pada ruas jalan nasional pasca banjir besar melanda Desa Lembeng, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalteng beberapa waktu lalu.

"Kerusakan akibat banjir itu tepatnya di STA 4+200 ruas jalan Kalahien-Buntok. Setelah air sedikit surut, langsung kami ambil langkah penanganan darurat, agar jalan tetap fungsional."

Demikian diungkapkan PPK 3.4 pada Satker PJN Wilayah III Kalteng, Achmad Heriyadi, dalam keterangan pers nya yang diperoleh infobarak, Kamis (01/02/2024).


Ia menjelaskan, lantaran jalan dilokasi tersebut menjadi perlintasan air (langganan banjir- red), pada Maret 2023 lalu pun badan jalan dilokasi itu sempat ambles, sehingga langsung dilakukan penanganan menggunakan timbunan agregat.

"Kami terus melakukan upaya penanganan yang maksimal. Tiga kali kami lakukan penimbunan menggunakan agregat, karena badan jalan terjadi deformasi yang berulang," ungkapnya.

Sesuai arahan pimpinan, lanjutnya, pihaknya komitmen menjaga kondisi jalan agar tetap fungsional.


"Ketika terjadi banjir kemarin pun kami langsung melakukan penanganan darurat dengan menimbun badan jalan yang terbawa banjir dengan batu belah dan sand bag serta geobag berisi pasir yang dihampar diatas batu belah," jelasnya.

Sehari pasca bencana banjir, terangnya, kondisi arus lalu lintas sudah kembali normal, dan bisa dilintasi oleh berbagai jenis kendaraan. Pihaknya juga berkoordinasi dengan aparat terkait untuk mengatur arus lalu lintas selama proses penanganan berlangsung.

"Hingga saat ini kami terus menyiapkan bahan material untuk mengantisipasi terjadinya ambles lanjutan. Sebab untuk penanganan permanen, sedang diusulkan untuk pembangunan cross drain. Kami akan terus berupaya melakukan yang terbaik untuk memberikan pelayanan infrastruktur yang prima bagi masyarakat," tegasnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong