Penanganan Permanen Longsor Ruas Payakumbuh-Bukittinggi Penting


BARAK, (Sumbar)- Warga dan masyarakat pengendara berharap, pemerintah segera memperbaiki kerusakan berupa amblesnya tepian jalan yang terjadi pada ruas jalan nasional Payakumbuh-Bukittinggi, di Sumatera Barat (Sumbar).

Diketahui, beberapa waktu lalu, jalan nasional Payakumbuh-Bukittinggi mengalami kerusakan berupa ambles, tepatnya dikawasan Jorong Kotabaru, Nagari Batuhampa, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota.

Warga menyebutkan, amblesnya tepian jalan itu bermula dari runtuhnya saluran irigasi yang berada persis pada tepian jalan. Tanah yang labil, menyebabkan semacam longsor susulan hingga hampir memakan badan jalan.

Beronjong batu yang dipasang untuk menjaga agar tidak terjadi ambles menerus pun seakan tak banyak membantu, sebab dari waktu ke waktu kerusakan semakin bertambah.

Pantauan media dilokasi menunjukkan, amblesnya tepian jalan itu sudah membentuk jurang dengan kedalaman yang diperkirakan mencapai belasan meter.

Dasril, salah seorang warga setempat menyampaikan, kondisi itu sudah berlangsung sejak empat bulan lalu.

"Awalnya tidak begitu parah. Pihak terkait pun sudah memasang penahan dengan batu beronjong, tapi nampaknya penahan tersebut tidak banyak membantu. Sekarang amblesnya semakin parah," ujarnya disitat  padek.jawapos, Selasa (06/02/2024) kemarin.

Ia mengkhawatirkan, jika kerusakan dilokasi itu tidak segera diperbaiki permanen, bisa berpotensi mengganggu jalur transportasi, bahkan mengancam keselamatan masyarakat pengendara.

"Sekarang saja, jika dua kemdaraan (roda empat- red) darang dari arah berlawanan, maka harus bergantian melintas. Tidak bisa lagi melintas bersamaan," ungkapnya.

Senada diungkapkan Ade, salah seorang pengguna jalan aktif. Ia mengaku pulang-pergi kerja melewati jalan tersebut. Ia pun khawatir jalan tiba-tiba ambles saat dirinya melintas.

"Saya takut kalau saat jalan malem, lebih-lebih dengan minimnya lampu penerangan jalan, ditambah kondisi hujan," ucapnya.

"Kami berharap pihak terkait segera menangani kerusakan ini secara permanen," harapnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong