Pemkot Bogor Minta Satker PJN Wilayah V Jabar Atasi Banjir di Jalan Nasional

Satker Rekomendasikan Tinjau Masterplan Penanganan Banjir


BARAK, (Jabar)- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat (Jabar) kini terus berupaya mengatasi persoalan banjir yang melanda ruas jalan nasional  di Kota Bogor.

Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Rena Da Frina mengungkapkan, perlu ada penegasan soal urgensi  penanganan masalah tersebut kepada Pemerintah Pusat melalui PPK 5.2 dan PPK 5.1 pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah V dibawah Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI-Jabar.

Salah satu titik yang perlu penanganan serius, katanya, yakni di wilayah Kaum Sari, Kelurahan Cibuluh, Kota Bogor.

"Untuk mengurangi resiko banjir, rencananya disana akan dibangun sodetan yang menghubungkan Sungai Ciparigi dengan Sungai Cibuluh," ujarnya dilansir sisijabar, Kamis (08/02/2024).

Rena juga menegaskan, jika pihaknya hendak memastikan, bahwa solusi yang akan dilaksanakan BBPJN DKI-Jabar tidak akan menimbulkan masalah baru ke Sungai Cibuluh.

"Karena debit air Sungai Ciparigi lebih besar dari Sungai Cibuluh. Begitu pula daya tampung Sungai Cibuluh yang lebih kecil," paparnya.

Rena juga mengharapkan, sinergitas antara Pemkot dengan Pemerintah pusat dapat mengatasi semua persoalan yang ada, termasuk masalah banjir yang kerap melanda daerah perlintasan perumahan Cimanggu Permai.

Tinjau Masterplan Penanganan Banjir

Menjawab permintaan Pemkot Bogor tersebut, Kepala Satker PJN Wilayah V Jabar mengutarakan, jika pihaknya sudah menggelar rapat dengan Pemkot pada Senin (05/02/2024) lalu.

"Kami merekomendasikan, agar Dinas terkait di Pemkot Bogor meninjaui masterplan penanganan banjir di Kota Bogor," tulisnya dalam keterangan pers yang diterima infobarak, Sabtu (10/02/2024.

Satker juga berharap Dinas terkait menganalisa hasil kajian hidrologi tol dan rencana pembangunan sodetan.

"Sementara drainase jalan nasional sendiri, pada prinsipnya hanya mengakomodir debit aliran air permukaan jalan apabila turun hujan," jelasnya.

Begitu pula penanganan masalah banjir di jalan nasional, tambahnya, tidak terlepas dari penanganan banjir dikawasan Kota Bogor.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong