Gesitnya BPJN Riau Tangani Longsor di Bukit Batabuh


BARAK, (Riau)- Komitmen Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Riau dan jajaran dalam merespon setiap kejadian yang kerap tak terduga, seperti bencana, tak perlu diragukan lagi.

Seperti hal-nya dalam penanganan lonsoran yang terjadi pada ruas jalan nasional penghubung Riau-Sumbar, tepatnya dikawasan Bukit Batabuh, Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Sengingi (Kuansing).

Sejak kejadi pada Minggu (18/02/2024) lalu, Balai langsung menurunkan tim dan alat berat untuk langsung menangani kerusakan yang ada.

"Sejak kejadian tim kami langsung turun dengan bahan dan alat berat. Kami mengambil langkah-langkah darurat, agar lalu lintas orang, barang dan jasa tidak sampai terputus," ujar Kepala BPJN Riau, Yohanis Tulak Todingrara, kemarin.


Ia menjelaskan, hingga kini pihaknya masih terus melakukan penanganan darurat dengan melebarkan badan jalan pada sisi lereng bagian atas.

"Kami juga menutup bagian jalan yang mengalami longsor menggunakan terpal, agar air hujan tidak mengikis tanah longsoran, sehingga terjadi erosi dan menyebabkan kerusakan semakin meluas," jelasnya.

Sementara untuk penanganan permanen, pihaknya masih terus melakukan kajian tentang struktur tanah, sambil merancang design struktur bangunan penguatan tebing juga badan jalan pasca penanganan darurat.

Selama proses itu dikerjakan, ia menghimbau masyarakat tetap hati-hati saat melintas.

"Kami akan mempercepat semua proses pengerjaan, agar masyarakat kembali bisa melintas dengan aman dan nyaman seperti biasanya," tandasnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong