BBPJN Sumut Maksimalkan Penanganan Ruas Karo-Batas Agara


BARAK, (Sumut)- Kerusakan yang terjadi pada ruas jalan nasional Kabupaten Karo-Batas Aceh Tenggara mendapat perhatian serius dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumatera Utara (Sumut) dan jajaran.

Hal itu ditegaskan PPK ruas Karo-Batas Agara pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah IV Sumut, Bangun Situmorang, kepada infobarak, Sabtu (17/02/2024).

Ia menjelaskan, lokasi jalan yang mengalami kerusakan, yakni disekitaran Cafe Bukit Damai, Desa Sarinembah, Kecamatan Munte, merupakan daerah patahan yang tanahnya selalu bergeser.

"Karena itu merupakan daerah patahan yang rawan pergeseran tanah, lebih-lebih arah pergeserannya ke arah jurang, maka kami memaksimalkan penanganan dengan penghamparan base, agar jalan tetap fungsional dan tidak membahayakan masyarakat pengendara," ujarnya.


Pemeliharaan yang pihaknya lakukan, lanjutnya, bisa 4-5 kali dalam setahun, tepatnya setiap kali pergeseran tanah yang menimbulkan retakan dan penurunan badan jalan terjadi.

"Jalan itu baru bisa mencapai kemantapan maksimal, kalau dilakukan pengalihan trase jalan. Karena untuk jalur yang ada sekarang ini, hanya bisa dilakukan pemeliharaan rutin," paparnya.

Diketahui, lokasi jalan yang kerap mengalami kerusakan tersebut, berada pada daerah patahan seperti halnya yang terjadi pada ruas jalan nasional di Batu Jomba. Hanya saja, yang terjadi pada ruas Karo-Agara skalanya lebih kecil.

"Kami komitmen menyediakan layanan infrastruktur jalan dan jembatan yang layak, aman dan nyaman bagi masyarakat pengendara," tandasnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong