PJN II Kalsel Tangani Longsoran di HSU


BARAK, (Kalsel)- Dukung kelancaran arus lalu lintas saat momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.2 pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilyah II Kalimantan Selatan (Kalsel) kejar waktu tangani longsoran pada ruas jalan nasional di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

Diketahui, jalan penghubung HSU-Tabalong tepatnya disekitaran Desa Sungai Turak, Kecamatan Amuntai Utara mengalami longsor pada medio Agustus 2023 lalu.

PPK 2.2 pada PJN Wilayah II Kalsel, Agung Satrio mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah fokus melakukan penanganan permanen pada titik terjadinya longsor.

"Saat ini kami terus memantau proses penanganan dilapangan. Pebaikan menggunakan design yang disepakati bersama oleh Direktorat Preservasi dan Balai Geoteknik Terowongan dan Struktur (BGTS)," ujarnya kepada infobarak, Jum'at (08/12/2023).

Dari hasil penelitian struktur tanah, terangnya, perbaikan longsoran tersebut cukup dengan menggunakan sheet pile.

Selama menunggu proses perbaikan, lanjutnya, pihaknya sudah menghimbau masyarakat pengendara lewat papan informasi, bahwa yang boleh melintas diruas jalan tersebut hanyalah kendaraan ringan.

"Tapi pada kenyataannya, kendaraan besar, bahkan yang bermuatan melebihi kekuatan sumbu terberat jalan pun melintas. Ini dilema," sesalnya.

Ia berharap, proses pekerjaan bisa berjalan dengan lancar, agar jalan kembali fungsional seperti sebelumnya.

"Keamanan dan kenyamanan masyarakat pengendara-lah tujuan utama kami, selain kelancaran arus logistik (barang/jasa) pada ruas penghubung Kalsel dengan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ini," tandasnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong