H-15 Nataru, Perbaikan Tol & Jalan Nasional Dihentikan


BARAK, (Jakarta)- Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan, seluruh kegiatan perbaikan jalan, baik Tol maupun Non Tol akan dihentikan sementara sejak H-15 hingga berakhirnya masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024.

Hal itu dilakukan untuk mendukung kelancaran mobilitas masyarakat yang melakukan perjalanan saat arus mudik dan balik Nataru.

"Kami pastikan tidak ada lagi kegiatan perbaikan jalan Tol maupun non Tol pada H-10 atau paling lambat H-15 libur Nataru," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam Raker bersama Komisi V DPR-RI, Rabu (21/11/2023) lalu.

Menteri Basuki juga memastikan, meskipun tak ada lagi pekerjaan perbaikan, namun seluruh jalan nasional dipastikan fungsional dan tak ada lagi lubang yang membahayakan masyarakat pengendara.

"Kami juga akan memasang rambu-rambu dab marka jalan dengan lengkap," tegasnya.

Sementara terkait peningkatan layanan pada jalan Tol, Menteri Basuki menjelaskan, pihaknya akan melakukan pengaturan ulang flow kendaraan TIP pada Km 88A, Km 389A dan Km 725A Tol Trans Jawa.

"Ada pula penambahan petugas pengatur Lalu Lintas di TIP Km 57A, Km 62B Japek, Km 45A dan Km 38B, termasuk penambahan water barrier, optimalisasi penggunaan Rest Area Management System (RAMS), CCTV untuk pemantauan kapasitas parkir, pengawasan keamanan oleh petugas Satgas dan lainnya," paparnya.

Selain itu, pihaknya juga akan menyediakan toilet tambahan berupa toilet cabin sebanyak 37 unit, 10 Bus Toilet, 20 unit vacum tinja, 26 mobil tangki air dan 34 hidran umum di Rest Area jalan Tol dan pada ruas jalan nasional.

"Kami juga menyiapkan tim Tanggap Bencana untuk mengantisipasi kondisi darurat pada lokasi-lokasi yang rawan bencana, baik banjir, genangan air, maupun tanah longsor," urainya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong