PJN IV Jatim Bangun JLU, Pemda Lamongan Senang


BARAK, (Jatim)- Pemda Lamongan memberikan perhatian khusus pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah IV Provinsi Jawa Timur (Jatim) yang tengah memulai pembangunan Jalan Lingkar Utara (JLU) Lamongan.

Pasalnya, terbangunnya JLU dipastikan menjadi solusi terbaik dalam mengatasi persoalan kemacetan yang selama ini terjadi di ruas jalan Jaksa Agung Suprapto hingga jalan Penglima Soedirman.

Diketahui, kemacetan yang selama ini terjadi lantaran adanya dua perlintasan Kereta Api (KA) seperti dari arah barat Terminal Lamongan, dan didepan Kodim 0812 Lamongan. Kemacetan semakin menjadi lantaran intensitas KA yang melintas kian hari makin meningkat.

Namun persoalan itu terjawab sudah setelah Satker PJN Wilayah IV Jatim memulai pembangunan JLU yang dimulai dari Desa Plosowahyu hingga Kelurahan Sidokumpul.

Kadis Kominfo Lamongan, Sugeng Widodo mengungkapkan, pembangunan JLU menjadi perhatian pihaknya, lantaran akan membawa dampak baik yang luar biasa besar bagi masyarakat luas.

"Meski pembangunannya oleh pemerintah pusat, namun kami tetap memberikan perhatian," ujarnya disitat tribunnews, Senin (13/11/2023).

Pemda dan maayarakat Lamongan, lanjutnya, patut bersyukur, akhirnya pembangunan JLU kini bisa terwujud.

"Nantinya JLU akan mengurai kemacetan yang selama ini terjadi disepanjang ruas jalan nasional dari Jalan Jaksa Agung Suprapto hingga Jalan Panglima Sudirman," ungkapnya.


Terpisah, Kepala Satker PJN Wilayah IV Jatim, Akmizal, dalam keterangan pers-nya kepada infobarak, Senin (13/11/2023), membenarkan pihaknya kini tengah memulai pembangunan JLU Lamongan.

"Saat ini yang sudah berjalan seksi 2 sepanjang 3,900 Km. Sementara seksi 1 sepanjang 3,250 Km masih dalam proses lelang," ujarnya.

Pekerjaannya sendiri dilaksanakan oleh PT Yasa Patria Perkasa dengan kontrak Multy Years (MYC) senilai Rp 228 miliar.

"Kami akan berupaya maksimal untuk terus mengawal proses pembangunan JLU dari waktu ke waktu, agar detail dan progres pekerjaan bisa tercapai sesuai rencana," tegasnya.

Pembangunan JLU, lanjutnya, kelak akan membawa nilai manfaat bagi masyarakat banyak.

"Selain mengurai kemacetan pada ruas jalan utama, dengan sendirinya disepanjang JLU juga akan tumbuh-kembang aktifitas ekonomi baru bagi warga sekitar," tandasnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong