IJD BBPJN Jatim Bangun Akses Pariwisata Ponorogo


BARAK, (Jatim)- Tak hanya membangun akses jalan dari dan menuju sentra-sentra ekonomi pertanian dan membuka keterisolasian daerah terpencil, Direktorat Jenderal Bina Marga (DJBM) Kementerian PUPR lewat program Inpres Jalan Daerah (IJD) melalui BBPJN/BPJN juga membangun akses menuju kawasan pariwisata potensial.

Hal itu nampak dari pembangunan jalan menuju destinasi wisata di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur (Jatim) oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jatim-Bali.

Surya Hadi mengatakan, pihaknya membangun tiga segment jalan pada koridor Sampung menuju Monumen Reog dan Museum Ponorogo, yakni ruas Somoroto-Ngambakan sepanjang 2,6 Km, Carat-Ngambakan 2,17 Km, dan Ngambakan-Sampung sepanjang 2,5 Km.

"Sementara tiga segmen lagi pada koridor Ngebel," ujarnya dilansir laman ponorogo, Jum'at (10/11/2023).


Pembangunan jalan pada dua koridor tersebut, lanjutnya, menggunakan dana IJD sebesar Rp 16,45 miliar.

"Pekerjaannya sendiri meliputi overlay pengerasan aspal dan hotmix dan pelebaran jalan menjadi 5 meter. Pelaksananya sendiri PT Surya Kencana Sakti sejak 31 Oktober 2023," jelasnya.

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko sendiri bersyukur dengan adanya sokongan anggaran IJD bagi pembangunan jalan diwilayahnya.

"Kalau menggunakan APBD, tidak cukup. Insya'Allah akhir tahun jalan menuju dua destinasi wisata ini sudah mulus, dan nilai manfaatnya sudah bisa dirasakan langsung oleh masyarakat banyak," ungkapnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong