Pemkot Semarang Minta BBPJN Jateng-DIY Tangani Drainase dan Jalan Nasional


BARAK, (Jateng)- Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu (Mbak Ita), meminta Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah (Jateng)-DIY mempercepat proses penanganan drainase dan jalan jelang musim penghujan, atau awal Desember 2023 nanti.

Hal itu disampaikan Mbak Ita dalam Rakor bersama perwakilan Kementerian PUPR di Balai Kota Semarang, Jum'at (20/10/2023) kemarin.

"Khusus untuk penanganan saluran drainase, kami harapkan sudah bisa berfungsi maksimal saat musim penghujan tiba," tegasnya.

Permintaan itu pun disepakati bersama dalam Rakor percepatan peningkatan saluran air dan jalan jelang musim penghujan tersebut.

"Sarana-prasarana harus lebih dulu diamankan. Minggu depan saya akan lihat semuanya. Ini perlu segera direalisasikan. Saya akan turun langsung untuk mengecek hasilnya nanti dilapangan," ujarnya.

Selain meminta penanganan jalan dan drainase di percepat, ia juga meminta jalan Usman Janatin dikawasan Pelabuhan Tanjung Emas segera diperbaiki sebelum diserahkan ke Pemkot.

"Kami minta diperbaiki dulu, karena ada penurunan tanah. Jalannya sudah jelek. Diperbaiki dulu baru diserahkan," katanya.

Tak hanya itu, akses keluar dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani menuju jalan Arteri Yos Soedarso juga perlu segera ditangani, karena ada penyempitan tepat pada jembatannya.

"Saluran air dibahanya juga perlu diperlebar," ucapnya.

Ia juga berharap, agar BBPJN melebarkan persimpangan jalan di Puri Anjasmoro menuju Kali Tengah.

"Kemarin saya sudah buatkan surat permohonan, karena BBPJN minta surat," jelasnya.

Selain itu, terkait perbaikan jembatan Kaligawe yang kini tengah dilakukan oleh BBPJN Jateng-DIY, ia meminta diperhatikan rumah pompa air dibawahnya untuk mengatasi banjir.

"Meskipun tidak dilewati, tapi kalau tidak ada pompanya, maka potensi genangan air besar. Kami juga minta kerjasamanya dengan BBWS untuk pemasangan pompa mobile dilokasi tersebut," tandasnya dilansir kompas, Jum'at (20/10/2023) kemarin.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong