Membentang Sepanjang 292 Km, Jalan Sabuk Merah Rampung


BARAK, (NTT)- Direktorat Jenderal Bina Marga (DJBM) Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Timur (NTT) telah merampungkan 292 Km jalan Sabuk Merah (perbatasan Timur Leste).

Dari total panjang jalan 292 Km, terbagi menjadi dua bagian, yakni ruas Sabuk Merah Sektor Barat sepanjang 113 Km, dan ruas Sabuk Merah Sektor Timur sepanjang 179 Km.

Selain dua ruas tersebut, masih ada satu ruas lagi yang hingga kini masih dalam proses konstruksi, yakni ruas Oenak-Saenam-Nunpo sepanjang 34 Km. 

Rampungnya pembangunan jalan Sabuk Merah, tidak hanya memperkuat pertahanan NKRI dari daratan, tapi juga meningkatkan aksesibilitas masyarakat.

Sebelum ada jalan Sabuk Merah, masyarakat harus berjalan kaki hingga berhari-hari untuk mencapai kawasan Kota atau Kabupaten terdekat. Namun setelah jalan tersambung, waktu yang ditempuh hanyalah beberapa jam saja.

Untuk menyambung ruas Sabuk Merah, BPJN NTT juga membangun 80 buat jembatan dengan berbagai ukuran, 38 buah pada ruas Sektor Barat dan 42 buah pada Sektor Timur.

Banyak sudah manfaat yang diperoleh maayarakat secara luas dengan rampungnya pembangunan jalan Sabuk Merah, salah satunya kemudahan dalam menjual hasil panen dari Desa ke Kota, maupun perputaran barang, jasa dan orang dari Kota ke Desa.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong