Paket IJD BPJN Papua Barat Buka Jalan Baru


BARAK, (Papua Barat)- Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Papua Barat akhirnya memulai pelaksanaan pekerjaan paket Inpres Jalan Daerah (IJD) di Kabupaten Manokwari.

Paket IJD BPJN Papua Barat kali ini terfokus pada pembangunan jalan baru ruas Pami-Marina-Kali Bambu.

Bupati Manokwari Hermus Indou didamping Kepala BPJN Papua Barat, Mauluddin Said Latar pun turun lagsung untuk meninjau pelaksanaan proyek tersebut pada Senin (18/09/2023) kemarin.

"Pembangunan ruas jalan ini sesuai usulan Pemkab Manokwari. Pengerjaannya menjadi tanggungjawab kami selaku pembina jalan daerah," ujar Mauluddin.

Ia menjelaskan, jalan sepanjang 5,1 Km itu dibangun dengan lebar 6 meter, dan ruang milik jalan 11 meter.

Anggarannya sendiri sebesar Rp 19 miliar bersumber dari APBN, dan dikerjakan oleh PT Alam Cendarawasih Jaya sejak 18 Agustus hingga 31 Desember 2023.

Lantaran daya dukung jalan yang ada dalam kota sudah semakin tidak memungkinkan, katanya, maka Pemkab perlu membuka jalan baru untuk pengembangan wilayah.

Sementara Bupati Manokwari, Hermus Indou mengungkapkan, jalan baru itu akan bernilai ekonomis tinggi bagi masyarakatnya. Karena jalan itu memperpendek jarak tempuh antara Distrik Manokwari Utara dengan Barat sebagai kawasan perkotaan.

"Selain memperpendek jarak tempuh, jalan ini juga membawa nilai ekonomi bagi masyarakat petani maupun peternak. Jalan ini juga meningkatkan kapasitas infrastruktur di Manokwari sebagai Ibu Kota Provinsi Papua Barat," jelasnya dilansir antaranews, Senin (18/09/2023) kemarin.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong