Perbaikan Jalan Bypass Mandalika Rampung Sebelum Event MotoGP


BARAK, (NTB)- Perbaikan kerusakan yang terjadi pada ruas jalan nasional Bypass BIL-Mandalika, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) ditarget rampung sebelum event MotoGP di Sirkuit Mandalika pada 13-15 Oktober 2023 nanti.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas PUPR NTB, Muhammad Rum, Senin, di Mataram.

"Informasinya perbaikan sedang dilakukan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTB. Insya'Allah rampung sebelum event MotoGP berlangsung," ujarnya.

Ia menjelaskan, kerusakan berulang pada titik yang sama di jalan nasional Mandalika, lantaran posisi jalan yang berada persis diatas lahan yang rawan pergeseran (patahan).

Karenanya, ia berharap kedepan dilakukan survey geodesi untuk menentukan penanganan seperti apa yang paling tepat.

"Kalau memang ke depan rusak lagi, rencananya akan dibikin menjadi jembatan saja. Tapi teknisnya seperti apa, BPJN yang lebih paham," ungkapnya dilansir antara kemarin.

Diketahui, setidaknya terdapan sekitar 30 meter badan jalan di ruas jalan nasional Mandalika yang kerap mengalami kerusakan. Informasi yang dikumpulkan infobarak sejak awal kerusakan terjadi, hal itu lantaran posisi jalan yang berada pada bagian patahan tanah yang aktif bergerak.

Sementara itu, meskipun masa pemeliharaan sudah berakhir, namun pihak pelaksana pekerjaan tetap membantu memperbaiki kerusakan yang ada, hingga jalan tetap aman dilintasi masyarakat pengendara.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong