Golomori, Desa Yang Dahulu Terisolir Jadi Lokasi Raker DJBM Kementerian PUPR


BARAK, (NTT)- Dalam upayanya  meningkatkan kinerja pelayanan infrastruktur, Direktorat Jenderal Bina Marga (DJBM) Kementerian PUPR menggelar Rapat Kerja (Raker) di Desa Golomori, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Raker kali ini difokuskan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan anggaran, sekaligus strategi penyerapan anggaran TA 2023.

Selain itu, Raker juga diselenggarakan untuk membahas pelaksanaan Inpres Jalan Daerah, dan usulan program penanganan TA 2024 nanti.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) NTT, Agustinus Junianto mengungkapkan, hingga saat ini Raker masih barlangsung dan berjalan dengan lancar.

"Kami bersyukur Raker kali ini berlangsung di Golomori. Karena bagaimanapun, Golomori yang dahulunya merupakan desa tertinggal, kini sudah bersolek dengan pesona kawasan-kawasan wisatanya setelah DJBM Kementerian PUPR membangunan jalan yang selama ini didambakan warganya," ujar putra asli NTT tersebut dalam keteranganya yang diterima infobarak, Rabu (23/08/2023).


Seperti diketahui, dahulu Golomori merupakan desa tertinggal yang masih terisolasi akibat ketiadaan jalan yang memadai bagi warga maupun wisatawan yang hendak berkunjung.

Namun setelah jalannya terbangun, Golomori kini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), bahkan menjadi venue bagi KTT Asean ke-42 pada Mei lalu.

"Sebelum jalan dibangun dan menjadi KEK, desa kami masih terisolasi dan tertinggal. Tapi kini kondisinya sudah berubah total, dan desa kami pun menjadi pusat perhatian dunia. Ini jelas berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. Ini karunia besar bagi kami," ujar Kepala Desa Golomori, Samalia, beberapa waktu yang lalu.

Potensi wisata yang ada, lanjutnya, terus dikembangkan seiring mendunianya Golomori. Karena sejatinya sejak dahulu Golomori memiliki potensi wisata seperti Situs Golomori, pantai yang indah, kawasan berbukit yang elok, hamparan sawah yang luas, hutan mangrove serta kekayaan sosial dan budaya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong