BPKP Evaluasi Pembangunan Jalan & Jembatan di Maluku Utara


BARAK, (Maluku Utara)- Lewat Agenda Prioritas Pembangunan (APP), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menetapkan pembangunan jalan/jembatan sebagai salah satu fokus yang diawasi sepanjang TA 2023 ini.

Karenanya, BPKP perwakilan Maluku Utara pun melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pembangunan jalan/jembatan, baik yang dilaksanakan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN), maupun oleh Pemprov dan Pemda se-Maluku Utara.

Seperti dilansir laman resmi BPKP, evaluasi tersebut untuk mengukur ketepatan, kecukupan dan keselarasan kebijakan dalam pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan antara pemerintah pusat dengan Pemprov/Pemda.

Selain itu, evaluasi juga dimaksudkan untuk menakar sejauh mana akuntabilitas keuangan, capaian kinerja, efektivitas, dan kesinambungan serta keselarasannya, lebih-lebih dikawasan daerah Tertinggal, Terluar, Terdepan, dan Perbatasan (3TP).

Tak hanya itu, evaluasi juga dilakukan untuk mengetahui hambatan-hambatan selama pelaksanaan, maupun kelemahan dalam tata kelola program, serta resiko terjadinya fraud.

Kegiatannya sendiri dilakukan pada medio Juni 2023 kemarin.

Sementara hasil evaluasinya, disebutkan akan disampaikan kepada para pihak terkait, mulai dari BPJN, Pemprov dan Pemda, hingga kepada Presiden Jokowi.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong