Tiap Tahun Dianggarkan, Jalan Nasional Manokwari-Tambrauw Rusak Parah


BARAK, (Papua Barat)- Kerusakan yang terjadi pada jalan nasional Trans Papua ruas Manokwari-Tabrauw kian hari makin menjadi. Hal itu membuat masyarakat geram.

Pasalnya, jalan yang setiap tahun dianggarkan, kerusakannya justeru semakin parah.

Kondisi itupun mendapat kecaman dari berbagai pihak, salah satunya Hermanus Syufi, salah seorang warga Kab Tambrauw, Papua Barat.

Ia meminta pemerintah segera memperbaiki kerusakan jalan Trans Papua yang sudah berlangsung selama puluhan tahun, terutama dikawasan Gunung Pasir.

"Sejak Gubernurnya dijabat Abraham Ataturi hingga sekarang Pj Paulus Waterpauw, jalan masih rusak parah, dan belum ada upaya perbaikan," sesalnya.

Iapun meminta pemerintah segera memperbaiki kerusakan yang ada, sebab jalan itu menjadi satu-satunya akses yang menghubungkan Tambrauw dengan Manokwari.

Tiap Tahun Dianggarkan


Sebelumnya, Ketua Papua Muda Inspiratif (PMI), Yohanis Ajoy juga menyesalkan kondisi kerusakan jalan Trans Papua Barat, terutama dikawasan Gunung Pasir, Distrik Mubrani, Kab Tambrauw, Papua Barat Daya.

Menurutnya, ruas jalan nasional di Gunung Pasir setiap tahun dianggarkan oleh pemerintah pusat melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Papua Barat, namun pekerjaannya tidak pernah tuntas.

"Tiap tahun dianggarkan, tapi pekerjaan di Gunung Pasir tidak pernah selesai? Ini aneh," ungkapnya dilansir tribunnews beberapa waktu lalu.

Iapun meminta DJBM Kementerian PUPR mengevaluasi kinerja Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) terkait.

"Masyarakat dan para pengemudi sudah berulang-kali menyampaikan keluhan atas kondisi jalan nasional di Gunung Pasir, karena sangar berpengaruh terhadap pergerakan roda perekonomiam diwilayah Tambrauw. Banyak pihak yang dirugikan karena kegiatan proyek tambal-sulam jalan di Gunung Pasir," tegasnya.

Negara, katanya, sudah memberikan perhatian serius bagi percepatan dan peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur di Papua Barar, namun tidak sesuai dengan kondisi dilapangan.

"Semoga ini menjadi perhatian pemerintah pusat maupun aparat penegak hukum," tandasnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong