BBPJN Kaltim Mulai Kerjakan Paket IJD Penyangga IKN


BARAK, (Kaltim)- Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur (Kaltim) rupanya sudah mulai mengerjakan paket Inpres Jalan Daerah (IJD) yang menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Lewat keterangan persnya, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono menjelaskan, setelah penandatangan kontrak pada 25 Juli 2023 kemarin, salah satu yang kini tengah dikerjakan BBPJN Kaltim, yakni paket IJD jalan akses wisata Goa Batu-Tapak Raja.

Dijelaskan, jalan itu terhubung dengan dengan jalan naaional Samboja-Sepaku yang menuju kawasan IKN dengan destinasi wisata Goa Batu-Tapak Raja, termasuk juga penghubung permukiman transmigrasi Semoi-Sepaku di Desa Wonosari.


"Ini jalan milik Pemda Penajam Paser Utara, yang disepanjangnya terdapat perkebunan, pertanian dan peternakan. Masyarakat akan sangat senang jika jalannya sudah bagus. Nantinya mereka dapat membawa hasil pertanian, perkebunan dan peternakannya ke kawasan IKN," ungkapnya dalam keterangan pers, Sabtu (29/07/2023).

Untuk penangan ruas jalan sepanjang 9,7 Km itu, katanya lagi, dibagi dalam dua paket, yakni Akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja 1 dan 2.

Paket 1 sepanjang 4,8 Km dikerjakan oleh PT Duta Mega Perkasa senilai Rp 34 miliar, dan paket 2 sepanjang 3,5 Km dikerjakan oleh PT Pesona Jaya dengan nilai kontrak sebesar Rp 33,2 miliar.

Selain dua paket tersebut, BBPJN Kaltim juga mengerjakan paket IJD ruas Riko Maridan sepanjang 6,5 Km dengan nilai kontrak sebesar Rp 43 miliar.


Menteri Basuki menegaskan, dirinya tidak ingin kawasan IKN maju, namun infrastruktur disekitarnya tidak ikut diperbaiki.

Sementara Kades Wonosari, Kec Sepaku, Kasiyono, seperti dilansir media online tangerangraya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR yang telah merealisasikan pembaikan jalan daerah akses wisata Goa Batu-Tapak Raja.

"Bukan hanya hasil pertanian, pekebunan dan peternakan yang menjadi mudah disuplai ke pasar sekitaran IKN, tapi wisatawan juga menjadi mudah berkunjung ke kawasan wisata Goa Batu Tapak Raja," ucapnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong