Viral Ditanami Pisang, Jalan Nasional Morotai Diperbaiki


BARAK, (Maluku Utara)- Usai viral di Medsos, pihak terkait akhirnya memperbaiki jalan nasional yang mengalami kerusakan di Desa Momojiu, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Perbaikan dilakukan oleh kontraktor pelaksana PT Labrosco Yal. Dari lansiran jurnalsoreang, hingga Senin (26/06/2023), perbaikan terus berlanjut.

Sebelumnya di khabarkan, selama bertahun-tahun jalan nasional di Desa Momojiu hampir tidak pernah ditangani, hingga akhirnya mengalami kerusakan cukup parah.

Puncaknya, warga pun menanam pohon pisang ditengah badan jalan yang rusak dan mengunggahnya di akun Media Sosial FB.

Dari informasi yang di dapat, bukan hanya badan jalan yang mengalami kerusakan, namun rerumputan dan ilalang juga nampak  tumbuh subur pada bagian sisi kiri dan kanan jalan.

Kinerja Balai, Satker dan PPK terkait pun mendapat sorotan dari Kornas Barak, Danil's.

Menurutnya, kinerja yang kurang baik seperti Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Maluku Utara dan jajaran tersebut sudah patut di evaluasi.

"Hampir seluruh Balai se-Indonesia fokus dengan kegiatan pemeliharaan seperti Padat Karya Tunai (PKT). Masa iya sekedar babat rumput dan pembersihan bahu jalan saja gak. Mestinya tak perlu menunggu perintah dari Jakarta, kreatiflah sedikit," ujarnya, Senin (26/06/2023).

Terlebih, lanjutnya, pemeliharaan dan pemantapan infrastruktur jalan dan jembatan di pulau-pulau terluar sudah menjadi komitmen pemerintah pusat.

Diketahui, jalan nasional yang terdapat di Pulau Morotai sudah sepanjang 185,68 Km. Meski demikian, tidak diketahui secara pasti soal prosentase kondisi jalan yang mantap, rusak ringan, maupun rusak berat.

Sebelumnya, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR menegaskan, pihaknya komitmen memperhatikan kondisi infrastruktur di pulau-pulau terluar.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong