Kementerian PUPR Bantu Perbaiki Jalan Gunting Saga-Teluk Binjei


BARAK, (Sumut)- "Miris", mungkin itulah kalimat yang tepat untuk menggambarkan kondisi jalan Gunting Saga-Teluk Binjei di Kecamatan Kuala Selatan, Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura), Provinsi Sumatera Utara (Sumut) saat ditinjau langsung oleh Presiden Jokowi beberapa waktu yang lalu.

Ruas jalan sepanjang 30 Km dari Simpang Tanjung Pasir hingga Desa Teluk Binjei itu, nampak telah mengalami kerusakan sangat parah. 13 Km diantaranya yang telah dilakukan pelapisan dengan agregat kelas A kini kondisinya mengalami kerusakan parah.

Kerusakan pada bagian jalan yang sudah terpasang bekisting bahkan menyisakan besi-besi tulangan yang muncul hingga kepermukaan jalan. Kondisi itu tentu saja sangat membahayakan bagi masyarakat pengguna jalan, terutama pengendara roda dua.


Begitu pula jembatan eksisting satu-satunya yang tersedia, kini keadaannya sudah sangat memperihatinkan. Lantai dari pelat baja yang terpasang, kondisinya sudah tidak beraturan lagi, dan sangat berbahaya untuk dilintasi, terutama bagi kendaraan truk pengangkut hasil pertanian dan perkebunan warga.

Dari gambar dan video yang diperoleh infobarak, kerusakan jalan itu memang nampak telah sampai pada titik yang memperihatinkan.

Kondisi itu tidaklah mencerminkan, jika kawasan disepanjang ruas jalan tersebut merupakan sentra perekonomian masyarakat dari pertanian dan perkebunan.

Alhasil, masyarakat hanya punya dua pilihan dalam menjual hasil produksinya, antara melewati jalut darat dengan jalanan yang rusak parah, atau melalui jalur laut. Mirisnya, kedua pilihan itu menjadikan masyarakat petani dan pekebun berhadapan dengan harga produksi yang tidak menguntungkan. Mereka terpaksa harus menjual dengan harga murah, lantaran biaya angkutan yang mahal.


Tak hanya berimbas pada ekonomi biaya tinggi, para pemilik kendaraan angkutan pun menghadapi persoalan yang sama. Mereka terpaksa harus mengeluarkan biaya lebih untuk perawatan/perbaikan kendaraan, akibat setiap hari melewati jalanan yang rusak parah.

Syukurnya, setelah Presiden turun, penanganan ruas jalan Gunting Saga-Teluk Binjei mendapat kepastian. Perbaikan jalan kewenangan Pemkab Labura tersebut, kini dibantu oleh pemerintah pusat melalui Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I dibawah Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumut.

Masyarakat tentu sangat berharap jalan itu segera diperbaiki, agar aktifitas perekonomian dapat berjalan lancar seperti halnya didaerah-daerah lain yang sudah lebih dulu maju.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong