Jalan Nasional di Sulbar Rusak Parah


BARAK, (Sulbar)- Lama tak diperbaiki, jalan antar Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) kini mengalami kerusakan cukup parah.

Kerusakan diantaranya terlihat disekitaran Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar.

Pantauan media pada ruas jalan nasional penghubung Kab Polman dengan Mamasa tersebut, terdapat kerusakan berupa berlubang, bergelombang dan retak-retak dengan kedalaman yang berkisar 10-20 Cm.

Kerusakan terlihat sepanjang belasan kilometer, dengan lokasi terparah disekitaran Desa Kelapa Dua, Polman hingga memasuki kawasan perbatasan Kab Mamasa.

Menurut warga, kerusakan terlihat semakin parah dalam dua tahun terakhir. Kondisi semakin parah saat hujan turun. Para pengendara harus ekstra hati-hati agar tidak terjerembab dalam lubang.

Keadaan jalan yang terjal dan rusak, kerap kali menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas.

"Saya tinggal disini sudah hampir dua tahun. Kondisi jalannya sudah seperti ini. Memang ada pekerjaan tambal sulam, tapi tak pernah bertahan lama dan kembali rusak," ujar Abdul Majid, warga sekitar, Sabtu (13/05/2023).

Kondisi jalan yang rusak parah, katanya, membuat warga resah, lantaran sangat berpengaruh pada kelancaran aktivitas warga sehari-hari.

"Kami resah. Apalagi kalau menggunakan kendaraan roda dua. Untuk ke Polewali saja, kami harus menghabiskan waktu hingga satu jam. Soalnya harus ekstra hati-hati menghindari lubang," ungkapnya.

Ia pun berharap, pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut sebelum ada pengendara yang mengalami kecelakaan fatal akibat jalan rusak.

Senada dengan Abdul Azis, salah seorang supir angkutan logistik. Menurutnya, sudah sejak tiga tahun yang lalu ia terpaksa harus melintas dijalanan yang rusak.

"Perlu ada penanganan secara serius. Daerah ini akan sulit maju kalau jalur transportasinya gak baik. Kondisi aspalnya sekarang gak pernah bagus, berlubang, dan berkubang saat tergenang air hujan," uangkapnya seperti dilansir beritasatu, Sabtu (13/05/2023).* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong