Seluruh Ruas BPJN Kalteng Siap Bagi Pemudik


BARAK, (Kalteng)- Komitmen Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kalimantan Tengah (Kalteng) dan jajaran dalam mempersiapkan jalur bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik saat libur lebaran (Idul Fitri) 1444 H nanti, tak diragukan lagi.

Hal itu terlihat dari kekompakan seluruh jajaran, mulai Balai, Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN), Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah I, II dan III Kalteng sejak awal tahun hingga April 2023 ini.

Seperti diketahui, BPJN Kalteng memiliki kewenangan atas sejumlah ruas jalan nasional yang menghubungkan Kalteng dengan Kalsel, Kalbar, dan Kaltim, dengan panjang ruas sekitar 2.094 Km.


"Seluruh jajaran kami sudah bergerak serentak mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menghadapi arus mudik lebaran 2023 ini," ungkap Kepala BPJN Kalteng, Hardy Siahaan, dalam keterangan persnya kepada infobarak, Kamis (06/04/2023)

Selain fokus melaksanaan pekerjaan preservasi seperti penutupan lubang, pembersihan drainase, dan pekerjaan rutin lainnya, lanjut Hardy, tim BPJN Kalteng juga serentak mempersiapkan posko-posko mudik lebaran, penyiapan alat berat pada lokasi-lokasi yang rawan bencana seperti longsor, dan pemasangan peta petunjuk jalur mudik.

"Nantinya posko-posko yang kami siapkan beserta personil jaga 24 jam, bisa dimanfaatkan oleh para pemudik untuk sejenak melepas lelah selama dalam perjalanan. Ditiap posko juga akan disiapkan kotak P3K, yang sewaktu-waktu bisa digunakan oleh para pemudik," jelasnya.


Demikian pula pada lokasi-lokasi yang rawan bencana banjir maupun tanah longsor, pihaknya memasang rambu-rambu peringatan sebagai penanda, agar para pemudik dapat meningkatkan kewaspadaan dalam berkendara.

"Semua yang kami lakukan, tak lain untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang hendak berkumpul dengan sanak-saudara saat libur lebaran nanti," ucapnya.

Terpisah, salah satu PPK pada Satker PJN Wilayah II Kalteng, Goto Susanto mengatakan, pihaknya terus memaksimalkan upaya persiapan jalur mudik, khususnya pada ruas Pulau Pisang-Batas Kota Kuala Kapuas-Batas Kalsel yang biasanya menjadi jalur favorit bagi para pemudik saat memasuki musim libur panjang seperti Idul Fitri.


"Kami melaksanakan beberapa jenis pekerjaan untuk persiapan jalur mudik, seperti patching, CAP, dan Overlay disepanjang ruas yang kami tangani," ujarnya.

Ia memastikan, semua persiapan bisa diselesaikan pada H-10 lebaran nanti.

Senada dengan PPK 2.5 pada Satker PJN Wilayah II Kalteng, Eko Priarianto, yang telah merampungkan persiapan jalur mudik pada ruas Tumbang Samba-Rabambang sepanjang 74,2 Km, dimana 30,725 Km di antaranya ditangani secara efektif menggunakan paket MYC TA 2021-2023.


Tak hanya itu, lanjutnya, ruas jalan nasional Tumbang Taleken-Tumbang Jutuh-Kuala Kurun sepanjang 120 Km pun, kini sudah siap menjadi jalur mudik lebaran 2023.

"Sesuai arahan pak Kabalai dan Kasatker, kami bersama teman-teman PPK di BPJN Kalteng akan terus melakukan yang terbaik untuk memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi masyarakat pemudik," tegasnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong