Perbaikan Jalan Nasional PJN II NTB Asal Jadi


BARAK, (NTB)- Pekerjaan perbaikan jalan nasional Pelabuhan Poto Tano-Maluk di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) disinyalir di kerjakan asal-asalan untuk mengejar target arus mudik lebaran Idul Fitri nanti.

Hal itu setidaknya tergambar dari hasil patching didepan pintu gerbang Pelabuhan Poto Tano dan sejumlah titik lainnya yang kini telah mengalami ambles kembali.

Pengawas Lapangan kontraktor pelaksana PT Sinar Bali, H Amor menjelaskan, dibeberapa titik patching memang mengalami retak-retak hingga ambles lagi. Pihaknya mengaku akan membongkar dan memperbaiki kembali patching yang sudah rusak tersebut.

"Perbaikan yang dilakukan saat ini menggunakan metode tambal sulam (patching). Langkah ini sebagai antisipasi untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat jalan rusak," ujarnya.

Ia mengatakan, kerusakan yang terjadi pada ruas jalan nasional Poto Tano-Maluk, akibat dari genangan air hujan yang mengikis lapisan aspal.


Menanggapi hal itu, warga dan pengendara pun menyayangkan pekerjaan pemeliharaan jalan yang hanya berusia dua hari, namun sudah rusak kembali tersebut.

Tak hanya pekerjaan preservasi TA 2023 ini saja, namun kualitas pekerjaan rabat beton pada bahu jalan dari Pelabuhan Poto Tano-Simpang Tiga Sumbawa-Sumbawa Barat, yang dikerjakan pada akhir Oktober 2022 pun disinyalir tidak memenuhi spesifikasi teknis, baik dari ketebalan maupun mutu rigid yang digunakan.

Temuan dilapangan, Rabu (08/03/2023) menunjukkan adanya kejanggalan, mulai dari ketebalan rigid, material batu, dan penggunaan pasir gunung.

Hasilnya, rigid pada bahu jalan dari depan Jembatan Timbang Dishub NTB Poto Tano menuju Simpang Tiga Poto Tano sepanjang 500 meter kiri-kanan, sudah rompal dan berdebu.


Pekerjaan juga diduga minim pengawasan dan dikerjakan hingga malam hari.

Salah seorang petugas dilokasi menjelaskan, sesuai acuan, ketebalan rigid bahu jalan memang 15 Cm.

"Tapi kami hanya bekerja sesuai perintah pemilik pekerjaan," ucapnya dilansir bidikankameranews, Kamis (09/03/2023).

Hingga berita ini tayang, redaksi infobarak masih menunggu konfirmasi dari Satker/PPK terkait.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong