Pengendara Celaka di Jalan Nasional Padang-Painan-Kambang


BARAK, (Sumbar)- Perbaikan jalan mestinya menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat pengendara. Namun tidak demikian dengan rehab jalan nasional Padang-Painan-Kambang di Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Lantaran minim rambu-rambu peringatan, pengendara justeru mengalami kecelakaan tunggal di jalan nasional yang menjadi kewenangan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar tersebut.

Defri Putra (45), mengaku menjadi korban celaka bersama anaknya saat melintas di jalan yang masih dalam proses perbaikan.

Peristiwa itu di alaminya dilokasi pengerjaan rehab jalan di kawasan Nagari Taluak, Kecamatan Batang Kapas, Selasa (21/03/2023) kemarin.

"Saya tidak tahu kondisi jalan, jadinya rem mendadak, dan ban motorpun slip. Akhirnya kami terjatuh," terangnya dicatat klikpositif, Rabu (22/03/2023) kemarin.

Defri mengaku tidak mendapati adanya rambu-rambu peringatan dilokasi pekerjaan berlangsung.

"Gak nampak rambu-rambu, jadi rem memdadak karena jalan masih banyak kerikil," ungkapnya.

Meski tidak mengalami luka-luka yang fatal, namun anaknya yang dibonceng mengalami luka gores pada bagian kening, dan terkilir pada bagian tangan.

"Iya, ada goresan, tapi tidak terlalu parah," ujarnya.

Terpisah, PPK 2.3 pada Satker Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Sumbar, Nova Herianto, mengaku akan menindaklanjuti kejadian tersebut.

Ia mengaku akan memberikan teguran dan mengevaluasi kinerja penyedia jasa jalan terkait.

"Saya akan tegur sekaligus mengevaluasi kinerja penyedia jasanya. Kalau dirasa rambu-rambu masih kurang, akan diberikan teguran," tegasnya.

Menurutnya, selama melaksanakan pekerjaan, harus memasang rambu-rambu peringatan.

Sementara ditanya soal tanggungjawab kontraktor terhadap korban celaka, Nova mengaku tidak mengetahui aturannya.

Hanya saja, katanya, jika didapati adanya kekurangan selama masa pengerjaan, pihaknya akan melakukan evaluasi untuk perbaikan.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong