Jalan Nasional Jamin Ginting Makin Rusak


BARAK, (Sumut)- Kerusakan yang terjadi pada ruas jalan nasional Jamin Ginting, utamanya mulai dari Simpang Tuntungan hingga Desa Tiang Layar, di Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), kini semakin parah.

Perbaikan yang dilakukan pihak Satker/PPK terkait pada TA 2022 dinilai belum maksimal. Kondisi jalan yang berlubang, kerap menimbulkan kemacetan panjang setiap harinya.

Menurut warga Pancur Batu, kerusakan jalan didaerah tersebut sudah terjadi sejak bertahun-tahun yang lalu.

Warga pun menyesalkan jalan yang menjadi jalur pariwisata itu seakan luput dari perhatian serius pemerintah pusat. Padahal jalan Jamin Ginting merupakan jalan nasional.

"Dikawasan Sibolangit diaspal dan diperlebar hingga mulus. Tapi di Pancur Batu seakan dibiarkan tetap rusak. Kami heran dengan sikap jajaran Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sumut. Padahal kerusakan jalan didaerah kami cukup parah," ujar salah seorang warga bermarga Ginting layaknya disitat pewarta, Jum'at (26/01/2023).

Kerusakan jalan itu, katanya, tidak hanya berdampak pada kemacetan panjang setiap harinya, tapi bahkan sampai menimbulkan kecelakaan yang merenggut korban jiwa.

"Kalau penanganan yang dilakukan hanya berupa pengerasan, tidak akan efektif. Begitu hujan turun, pasti berlubang lagi. Lubang-lubang itu harus di aspal," tegasnya.

Tarigan, warga Pancur Batu lainnya, mengkritik kebijakan Satker/PPK yang tidak memperbaiki kerusakan jalan dengan alasan tidak ada anggaran.

"tiap tahun pajak kendaraan selalu kami bayar. Tapi jalan diwilayah kami tidak juga diperbaiki, meskipun sudah rusak sejak bertahun-tahun lalu, " sesalnya.

Ia pun meminta pihak BBPJN Sumut rajin turun lapangan untuk melihat langsung kondisi jalan didaerahnya.

"Kalau tahun ini tidak tidak juga diperbaiki, kami akan menggelar aksi demo besar-besaran di kantor BBPJN Sumut. Kamipun menolak bayar pajak," tegasnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong