Wow...Jembatan Rp 75 Miliar Salah Design & Mangkrak Bertahun-Tahun


BARAK- Siapa sangka jika hingga saat ini Direktorat Jenderal Bina Marga (DJBM) Kementerian PUPR belum juga mampu menyelesaikan konstruksi sebuah jembatan...?

Adalah jembatan Sei Wampu di Kab Langkat, Prov Sumatera Utara (Sumut). Meskipun sudah bertahun-tahun, dan sudah tiga kali pergantian Kepala Satuan Kerja (Kasatker), namun tak ada satupun yang mampu menyelesaikan pembangunan jembatan sepanjang 140 meter tersebut.

Benarkah para pejabat penyelenggara yang ditetapkan DJBM untuk penyelenggaraan jalan dan jembatan di wilayah Sumut berkompeten...? Atau jangan-jangan ini adalah gambaran, bahwa rekrutmen pejabat baru sebatas memenuhi tuntutan administrasi, belum sampai pada titik kompetensi dan kemampuan menyelesaikan persoalan lapangan...?

"Silahkan siapa yang mau jawab...! Yang jelas faktanya, meski sudah tiga kali pergantian Kasatker termasuk Kepala Balai dan PPK, namun tak satupun yang mampu menyelesaikan pembangunan jembatan Sei Wampu," tegas Kornas Barak, Danil's, Selasa (15/12/2020).

Disebutkan, pembangunan jembatan Sei Wampu sepanjang 140 meter dengan lebar 7,6 meter, menggunakan konstruksi baja lengkung BJ 52 Mpa. Proyek itu disebut-sebut menelan anggaran hingga sekitar Rp 80 miliar.

Informasi dikalangan terbatas menyebutkan, paket jembatan Sei Wampu "tidak beres", dan diduga tidak sesuai kualitas. Bahkan disebutkan pula, jika telah terjadi kesalahan perencanaan, sehingga design-nya harus dibuat ulang. Hal itupun harus mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Terowongan Jembatan.

Dan kini, Kepala BBPJN II Medan, Ir. Slamet Rasidi Simanjuntak menyebutkan, jika proyek tersebut tengah di audit oleh BPKP Sumut.

"Untuk lebih jelasnya, hubungi saja Kasatker," ujar Slamat layaknya dilansir sinarbaruindonesia beberapa waktu lalu.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong