Saluran Tersumbat, Pemeliharaan Jalan Nasional Gianyar Bali Disangsikan


BARAK- Meluapnya air dari saluran samping hingga membanjiri ruas jalan nasional Ida Bagus Mantra di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, membuat publik menyangsikan kinerja Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional terkait di Bali.

Pasalnya, meskipun tidak sedang turun hujan, namun jalan banjir meluap hingga menutupi badan jalan.

Usut punya usut, banjir yang terjadi akibat tersumbatnya saluran air oleh tumpukan sampah.

Koordinator Divisi Investigasi dan Pelaporan Barisan Rakyat Anti Korupsi (Barak), Dedi menilai, tumpukan sampah hingga menyumbat saluran samping merupakan indikasi dari minimnya rasa dan perhatian pejabat penyelenggara jalan terkait atas tanggungjawab yang di emban.

"Kalau saja ada rasa tanggungjawab terhadap amanah yang di emban, tidak mungkin sampah sampai menghambat saluran air hingga airnya meluber menggenangi badan jalan," sesalnya.

Sebelumnya Bupati Gianyar, Made 'Agus' Mahayastra dan Sekda Gianyar, Made Gde Wisnu Wijaya turun langsung melihat lokasi saluran air yang tersumbat.

Setelah berkoordinasi dengan pihak penyelenggara jalan terkait, dan tidak juga ada gerakan hingga siang, Bupati lalu memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gianyar untuk segera mengatasinya.

"Hari Minggu, tidak ada hujan, namun jalan Bypass Ida Bagus Mantra kebanjiran. Hingga siang penyelenggara jalan terkait belum ada yang turun, namun koordinasi tetap kami lakukan," jelasnya.

Pihaknya, kata Mahayastra, karena lokasi jalan nasional itu berada di Kab Gianyar, maka pihaknya mengoptimalkan aparat setempat (BPBD-red)

"Karena yang kena dampak masyarakat Gianyar, makanya banjir langsung dibereskan. Malu sama masyarakat yang lewat," tandasnya seperti dilansir tribunnews, Minggu (29/11/2020).* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong