Penanganan Luapan Banjir Pada Jalan Nasional Ida Bagus Mantra Dilakukan PPK 3.2 Bersama BPBD Gianyar


BARAK- Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3.2 pada Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (Satker PJN) Bali menjelaskan, penanganan luapan air yang menggenangi jalan nasional Sp Tohpati- Sp Pantai Siut (By Pass Ida Bagus Mantra) di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, dilakukan oleh PPK 3.2 bersama BPBD Gianyar.

Sebelumnya, Bupati Gianyar, Made 'Agus' Mahayastra, memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Gianyar, langsung menangani persoalan sampah yang menutup saluran samping hingga membuat air meluap dan menggenangi badan jalan nasional Ida Bagus Mantra.

Menanggapi hal tersebut, PPK 3.2 Satker PJN Bali menjelaskan, bahwa penanganan telah dilaksanakan pada Minggu (29/11/2020) sejak pukul 08:45-11:15 WITA, oleh tenaga rutin PPK 3.2 bersama-sama dengan BPBD Gianyar, hingga saluran air bersih dan aliran air kembali mengalir dengan lancar.

Dijelaskan pula, bahwa luapan air terjadi akibat tingginya curah hujan pada hari sebelumnya, serta sampah yang hanyut menyumbat saluran air. Karena sampah tidak bisa masuk ke syphon, akhirnya terjadi luapa air sampai ke badan jalan.

Dalam penjelasan yang diterima infobarak pada Selasa (1/12/20), turut ditanggapi, jika pada lokasi tersebut tidak termasuk dalam program Padat Karya Tunai (PKT).

Meski demikian, pihak PPK 3.2 menjelaskan, pihaknya akan melaksanakan normalisasi saluran pada lokasi dimaksud, agar tidak lagi terjadi luapan air seperti yg terjadi sejak Sabtu (28/11/2020) kemarin.

Sebelumnya, Bupati Gianyar, Made Mahayastra mengungkapkan, setelah berkoordinasi dengan penyelenggaran jalan terkait, pihaknya langsung memerintahkan BPBD Gianyar untuk mengatasi luapan air tersebut.

"Karena yang kena dampak masyarakat Gianyar, makanya banjir langsung dibereskan. Malu sama masyarakat yang lewat, tandasnya, Minggu (29/11/20).

Tak hanya itu, bahkan Sekda Kab Gianyar, Made Gde Wisnu Wijaya turun langsung ke lokasi, memastikan penanganan dan tidak adanya sumbatan lain pada saluran yang sama.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong