Presiden Jokowi: Akhir Tahun Rp 40 Triliun Proyek Konstruksi Masih Lelang, Kapan Kerjanya...?


BARAK- Presedin Jokowi nampaknya tidak senang dengan lelang proyek konstruksi yang masih berproses di sisa waktu tutup anggaran yang hanya tinggal menghitung hari.

"Pekerjaan konstruksi yang masih dalam proses lelang itu Rp 40 triliun. Terus kapan pengerjaannya...? Waktu tinggal sebulan. Tanggal 22 Desember sudah tutup anggaran, terus masuk libur panjang dan akhir tahun," ujar Presiden dalam rapat koordinasi nasional terkait pengadaan barang dan jasa pemerintah tahun 2020, yang dilakukan secara virtual, Rabu (18/11/20).

Teguran Presiden tersebut berdasar pada laporan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), bahwa masih ada paket proyek konstruksi senilai Rp 48,8 triliun yang masih dalam proses laleng.

Hal itu membuat Presiden melontarkan teguran keras, mengingat belanja infrastruktur pemerintah merupakan faktor penting dalam pemulihan ekonomi nasional.

Apalagi, jelas Presiden, sangat penting sekali pengadaan dipercepat. Karena ada Kementerian, Lembaga, dan Pemda yang masih bekerja dengan cara-cara lama.

"Bahkan dalam kondisi seperti ini masih bekerja biasa-biasa saja, normal-normal saja, dan belum membuat terobosan. Akibatnya realisasi belanja yang sudah dianggarkan jadi terlambat," sesalnya.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong