Pembangunan Jembatan Batam-Bintan Dipastikan Mulai Berjalan di 2021


BARAK- Besarnya harapan masyarakat, Pemerintah Daerah (Pemda) dan kalangan dunia usaha akan pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dengan Bintan, nampaknya akan segera terwujud.

Hal itu dipastikan Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (Satker PJN) Wilayah I Riau, Endry Z Djamal kepada infobarak, Selasa (17/11/20).

Menurutnya, keberadaan jembatan Batam-Bintan tidak hanya mengintegrasikan pengembangan wilayah Batam dengan Bintan, tapi juga menjadi distinasi prioritas bagi pengembangan pariwisata.

"Keberadaan jembatan Batam-Bintan juga dapat mensinergikan pengembangan komoditas unggulan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), yang termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)," ungkap pria yang dikenal low profile tersebut.

Jembatan Batam-Bintan, jelasnya, menjadi sangat strategis dan dapat menjadi identitas bangsa, sebab Kepri berbatasan langsung dengan negara-negara tetangga," tegasnya.

Seperti diketahui, Pulau Batam dan Bintan terletak pada Selat Malaka, yang merupakan jalur perdagangan strategis dari dan menuju Singapura sebagai pusat bisnis di Asia Tenggara.

"Pembangunan jembatan Batam-Bintan dipastikan membawa nilai manfaat bagi perkembangan kegiatan industri di Pulau Batam," jelasnya lagi.

Pembangunannya sendiri, tambahnya, akan menggunakan skema KPBU, dan diperkirakan pada awal tahun 2021 sudah mulai kontrak awal.

"Design awal sudah ada. Tinggal menunggu perkembangan selanjutnya mengenai skema pembayaran saja," pungkasnya.

Sebelumnya, Plt Gubernur Kepri, Isdianto juga memastikan pembangunan jembatan Batam-Bintan akan dilaksanakan pada TA 2021. Hal itu dikatakan Isdianto setelah mendapat kepastian dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) saat melawat ke Kepulauan Natuna pada awal 2020 lalu.

"Alhamdulillah, pak Presiden sudah memastikan jembatan Batam-Bintan akan mulai dibangun pada tahun 2021. Ini tidak terlepas dari doa dan dukungan masyarakat Kepri," ujarnya seperti dilansir kompas beberapa waktu lalu.

Bagi Isdianto, kepastian dari Presiden tersebut merupakan hadiah terbaik bagi masyarakat Kepri.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong