Dukung Pertahanan Keamanan Nasional & Pelabuhan Utama Natuna, PJN I Kepri Bangun Jalan Teluk Buton-Sei Tekan


BARAK- Setelah jalan nasional Teluk Buton-Klarik sepanjang 2 Km rampung dibangun pada Tahun Anggaran (TA) 2020 ini, Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional (Satker PJN) Wilayah I Kepulauan Riau (Kepri) akan kembali membangun jalan Teluk Buton-Sei Tekan sepanjang 4,9 Km pada TA 2021 nanti.

Pembangunan jalan Teluk Buton-Sei Tekan sendiri merupakan program lanjutan dari pembangunan jalan Teluk Buton-Klarik.

"Ini merupakan bagian dari pembangunan jalan trans kepulauan terluar, sekaligus untuk mendukung rencana pelabuhan utama Natuna, yang dikenal juga dengan sebutan pelabuhan internasional Teluk Buton (corgo, logistik industri migas), serta mendukung akses pertahanan keamanan nasional di Kepulauan Natuna".

Demikian dipaparkan Kepala Satker PJN Wilayah I Kepri, Endry Z Djamal, terkait program strategis nasional Direktorat Jenderal Bina Marga (DJBM) Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) di Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kepri, pada TA 2020 dan 2021 mendatang.

Ia juga menjelaskan, seiring dengan pembangunan jalan Teluk Buton-Sei Tekan, pada TA 2021 pun akan dibangun jembatan Klarik 5 yang merupakan bagian dari akses jalan tersebut.

"Saat ini tengah dilakukan review design," ujarnya kepada infobarak, Rabu (18/11/20).

Sebelumnya, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian menjelaskan, dari 12 major project skala nasional, pelebaran menambah lajur pada ruas jalan nasional Sei Tembesi-Tanjung Berikat adalah salah satu yang menjadi perhatian khusus DJBM pada TA 2021 mendatang.

"Ada 12 yang jadi prioritas, diantaranya pembangunan fly over Simpang Kabil, pelebaran menambah lajur pada ruas jalan nasional Sei Tembesi-Tanjung Berikat, pembangunan Jembatan Batam-Bintan, dan program dukungan penguatan keamanan laut di Kepualauan Natuna, seperti pembangunan jalan Teluk Buton-Sei Setekan dan jembatan Klarik 5 di Natuna," jelasnya kepada media beberapa waktu lalu.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong