Jembatan Pulau Balang Selesai Akhir Tahun Ini


BARAK- Dengan progres fisik yang sudah mencapai 92 persen, pembangunan jembatan Pulau Balang di Kab Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim) diharapkan rampung pada akhir tahun 2020 ini.

"Desember 2020 ini target fisik susah rampung 100 persen. Sehingga Januari-Maret 2021 langsung dilakukan pengujian dan penganggaran alat uji dan kontrol jembatannya,"

Demikian diungkapkan Kepala Balai Besa Pelaksaan Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim, Junaidi.

Tuntasnya sambungan rigid pada konstruksi jembatan Pulau Balang, katanya, menjadi akses penyambung wilayah PPU dengan sungai Tempadung di Balikpapan Utara, Kota Balikpapan. Sehingga pekerjaan selanjutnya hanya tersisa akses penghubung dari sungai Tempadung menuju kawasan Kariangau di Balikpapan Utara.

"Untuk pembangunan akses tersebut, masih terkendala pembebasan lahan," jelasnya.

Sementara untuk pembebasan lahan terkait, lanjutnya, pihak BBPJN Kaltim terus berkoordinasi dengan Pemprov Kaltim.

Seperti diketahui, pembangunan jembatan Pulau Balang dikerjakan dengan skema Kerjasama Operasional (KSO) antara PT Hutama Karya dengan PT Adhy Karya dan PT Bangun Cipta Konstruksi.

Jembatan Pulau Balang sendiri mulai dibangun sejak terbitnya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) pada 24 Agustus 2015 dengan nilai sebesar Rp 1,386 triliun, dan dijadwalkan untuk di PHO pada 27 Pebruari 2021.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong