Apresiasi Target Fisik Jalan Nasional Pantura, Barak Harap Kejar Target Tak Abai Kualitas


BARAK- Barisan Rakyat Anti Korupsi (Barak) mengapresiasi optimisme penyelesaian perbaikan ruas jalan nasional Pantura Gempol-Pasuruan-Probolinggo. Namun pejabat penyelenggara dan kontraktor pelaksana diharapkan tidak sekedar mengejar target capain fisik, sehingga mengenyampingkan kualitas konstruksi.

"Kami mengapresiasi semangat dan optimisme penyelenggara jalan dalam mengajar capaian progres fisik setiap pekerjaan yang diselenggarakan. Terlebih selesainya pekerjaan sesuai kontrak adalah kewajiban setiap kontraktor pelaksana yang menerima mandat dari user selaku pemegang kuasa," ujar Kornas Barak, Danil's, menanggapi optimisme capaian fisik perbaikan jalan nasional Gempol-Pasuruan-Probolinggo.

Ia pun berharap, kejar target tidak mengenyampingkan mutu. "Kuantitas mestilah selaras kualitas, agar konstruksi tidak rusak dalam hitungan bulan. Sebab user hanyalah pemgemban amanah, dan masyarakat pengguna jalanlah yang menjadi penerima manfaat akhir. Jangan sampai penerima manfaat akhir menjadi pihak paling dirugikan," tegasnya.

Sebelumnya, PPK ruas Gempol-Pasuruan-Probolinggo, Rudy Napitupulu mengungkapkan, target perbaikan jalan berlubang tahun ini tetap pada rencana awal. Ada 210 ribu meter persegi yang mendapat prioritas perbaikan, dan ruas jalan bergelombang dan berlubang yang didahulukan.

"Saat ini tim teknis terus mobile, mulai dari Gempol hingga Probolinggo. Kami melibatkan empat regu yang bekerja siang malam. Kalau laporan dari anggota, saat ini pengerjaannya sudah 45 ribu meter persegi," ungkap Rudy layaknya dilansir radarbromo (Jawa Pos), Selasa (1/9).

Rudy juga menjelaskan, pihaknya menyiapkan empat alat berat yang diperlukan. Satu alat berat bisa melakukan pengerjaan sebanyak 3.000 meter persegi. Ini bertujuan agar pengerjaan perbaikan bisa cepat rampung dan tidak sampai mengganggu pengguna jalan.

"Harus selalu optimis jika target bisa tercapai. Apalagi tim terus bergerak dilapangan. Pengerjaan disisi barat, tengah dan timur dikerjakan bersamaan oleh regu dilapangan," sebut Rudy.* (Barak)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IJD BBPJN Sulsel Bangun Jalan Penghubung Sulsel-Batas Sulbar & Batas Sulteng

Tunjangan Kinerja PNS Kementerian PUPR Diusulkan Naik 100 Persen

Dukung Pengembangan Kawasan, BBPJN Sumut Bangun Jl Lingkar Ir Soekarno Siborongborong